Sukses

Kemenkumham: Rutan Sigli Aceh Dibakar Penghuni Rutan

Pembakaran terjadi karena kerusuhan, namun penyebab dan siapa yang membakar rutan masih didalami.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sigli, Blang Paseh, Kabupaten Pidie, Aceh, dibakar narapidana pada Senin (3/6/2019) siang. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh Meurah Budiman membenarkan perisitiwa tersebut.

"Benar ada kejadian pembakaran di Rutan Sigli," kata Meurah saat dikonfirmasi, Senin (2/6/2019).

Menurutnya, pembakaran terjadi karena kerusuhan, namun penyebab dan siapa yang membakar rutan masih didalami. "Yang membakar penghuni rutan, belum tahu napi atau tahanan," ucapnya.

Saat ini kondisi gedung utama sudah habis terbakar, meski demikian belum ada data korban jiwa maupun tahanan yang kabur. "Tidak ada pelarian napi dan tahanan dan tidak ada kkorban jiwa sampai saat ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Ditjen Pemasyarakatan Ade Kusmanto menyebut peristiwa rutan Sigli sedang didalami penyebab kerusuhannya yang mengakibatkan terjadinya pembakaran sarana prasarana rutan Sigli, Aceh.

"Saat ini petugas rutan Sigli, tim kanwil kemenkumham Aceh dibantu petugas kepolisian sedang meredam suasana agar kerusuhan tidak meluas. Sampai saat ini belum ada informasi adanya narapidana rutan Sigli yang melarikan diri," ungkap Meurah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Mobil Pemadam Kebakaran

Petugas pemadam kebakaran daerah setempat mengerahkan sedikitnya tiga mobil pemadam untuk mengatasi kebakaran itu. Petugas terus berupaya memadamkan titik api dari dalam lapas tersebut. Pantauan di lokasi, kantor utama lapas tersebut habis dilahap si jago merah sekitar pukul 11.30 WIB.

Informasi yang dihimpun, api berasal dari salah satu ruang pegawai. Petugas keamanan terpantau belum melakukan evakuasi terdahap para narapidana dari dalam lapas tersebut.

"Mohon bersabar ya. Kami sedang sibuk," kata Kapolresta Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar secara singkat di depan Lapas Kelas IIB Sigi, Blang Paseh, Kabupaten Pidie.

Petugas dari Polres Pidie dan anggota TNI AD dari Kodim 0102/Pidie terpantau juga ikut mengamankan secara langsung area lapas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.