Sukses

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri pada 5 Juni 2019

Haedar memprediksi penetapan 1 Syawal 1440 H atau Idul Fitri yang dilakukan Muhammadiyah tahun ini tidak akan berbeda dengan golongan maupun organisasi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 5 Juni 2019. Penetapan ini dilakukan Muhammadiyah setelah melakukan perhitungan dengan metode hisab.

Penetapan 1 Syawal 1440 jatuh pada 5 Juni 2010 ini disampaikan langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir saat buka bersama dengan wartawan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis, 30 Mei 2019.

"Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui majelis tarjih dan tajdid telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019," ujar Haedar.

Haedar memprediksi penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H yang dilakukan Muhammadiyah tahun ini tidak akan berbeda dengan golongan maupun organisasi lainnya. Meskipun demikian jika penetapan Hari Raya Lebaran ini nantinya berbeda tidak perlu dijadikan masalah.

"Kami Muhammadiyah sebagaimana juga seluruh komponen umat Islam dan bangsa Indonesia selalu memiliki rasa toleransi ketika terjadi perbedaan, dan sebenarnya umat Islam dan bangsa Indonesia itu sudah dewasa untuk berbeda," ucap Haedar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momentum Saling Memaafkan

Haedar menyerukan, momentum 1 Syawal 1440 H bisa dipakai sebagai momentum untuk saling memaafkan dan sarana untuk merekatkan kembali persaudaraan kita sebagai bangsa

"Mari jadikan Idul Fitri sebagai momentum untuk secara bersama-sama kita umat Islam dan bangsa Indonesia menjadikan Indonesia sebagai rumah milik bersama untuk maju menjadi bangsa dan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur menuju Indonesia berkemajuan. Semoga Allah memberi rahmat untuk bangsa Indonesia," ujar Haedar.

 

Reporter : Purnomo Edi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.