Sukses

Jumlah BUMN yang Gelar Mudik Gratis Naik 67,74 Persen

Jasa Raharja berkontribusi meningkatkan kouta pemudik sebanyak 6 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, mengapresiasi langkah seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam program BUMN Mudik Bareng Idul Fitri 2019. Dia mengatakan, tanpa keterlibatan dan sinergi antara BUMN, pelaksanaan mudik gratis ini tidak akan berjalan dengan baik.

"Kami ucapkan terima kasih ke semua BUMN dan direksi yang mendukung kegiatan ini sebagai wujud moto One Mision One Vision One Family to Excellent," katanya saat ditemui di GBK, Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Sebagai Ketua Satgas program BUMN Mudik Bareng Idul Fitri 2019, dia mengaku senang karena program mudik kali ini keterlibatan sinergi dari BUMN meningkat sebanyak 67,74 persen atau menjadi 104 BUMN. Hal ini sejalan dengan wujud komitmen BUMN hadir untuk negeri.

"Kegiatan BUMN Mudik Bareng Idul Fitri 2019 ini diselenggarakan juga berdasarkan keputusan menteri tentang pembentukan satgas," katanya.

Di tahun ini, Jasa Raharja juga berkontribusi meningkatkan kouta pemudik sebanyak 6 persen. Adapun jumlah pemudik yang diberangkatkan oleh Jasa Jasa Raharja sebanyak 40.180 orang.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menteri Rini Lepas 26 Ribu Peserta Mudik Gratis BUMN di GBK

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melepas sebanyak 26.018 pemudik gratis dalam Program Mudik Bareng BUMN 2019 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Kamis pagi ini. Untuk mengantarkan puluhan ribu pemudik ini, sebanyak 72 BUMN menyediakan 526 bus.

Rini mengatakan, pada program mudik gratis tahun ini diikuti oleh 104 BUMN. Di mana keterlibatan BUMN dalam hal ini mengalami peningkatan sebanyak 67,74 persen dibandingkan pada 2018 yang hanya diikuti oleh 62 BUMN.

"Syukur Alhamdullilah kita berkumpul pada hari ini untuk keberangkatan Mudik Bersama BUMN di 2019. Saya kali ini bangga menunjukkan moto BUMN untuk negeri ini diresapi oleh BUMN yang mana ada sekitar 100 BUMN berpatisipasi," katanya dalam acara pelepasan Mudik Gratis Bareng BUMN, Kamis (30/5/2019). 

Rini menyampaikan pada tahun ini target pemudik yang diberangkatkan melalui moda trasportasi bus, kapal laut, kereta api dan pesawat udara juga mengalami peningkatan yakni sebanyak 205.474 pemudik. Angka itu naik sebesar 22,69 persen dibandingkan realisasi pemudik pada 2018 sebanyak 204.146 pemudik.

Lebih lanjut Rini mengatakan tujuan dari program mudik gratis yang secara rutin digelar setiap tahun ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam upaya pengalihan pemudik sepeda motor ke moda transportasi bus. Kemudian, kereta api dan kapal laut pun dipilih untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

Adapun tujuan dan titik keberangkatan BUMN Mudik Bareng 2019 melalui moda trasnportasi bus, kapal laut, kereta api, dan pesawat udara diberangkatkan dari 56 kota. Jumlah ini terdiri dari 22 kota di Pulau jawa dan 34 kota di luar Pulau Jawa. Kemudian terdiri dari 136 kota tujuan, 57 kota di Pulau Jawa dan 79 kota di luar Pulau Jawa.

 

3 dari 3 halaman

Jumlah Peminat Mudik Gratis BUMN Tahun Ini Naik 26 Persen

Untuk diketahui, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun ini kembali menggelar program mudik gratis. Salah satunya melalui kapal laut.

Ternyata pada tahun ini, jumlah peserta mudik gratis bareng BUMN meningkat cukup besar. Peningkatan paling besar dibukukan oleh pemudik yang menggunakan kapal laut.

Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo Slamet selaku ketua Ketua Mudik Bareng BUMN, menjelaskan,  jumlah peserta mudik gratis BUMN di tahun ini naik 26 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Pada 2019 target pemudik 250.338 peserta tapi sampai sekarang tercatat sudah ada 250.474 orang,” ujarnya, Selasa (28/5/2019).  

Meskipun meningkat, namun jumlah peminat mudik dengan moda pesawat terbang mengalami penurunan. Sementara moda kapal laut mengalami peningkatan.

“Penumpang pesawat terbang sudah mencapai target tapi jumlah peminatnya menurun pengalihannya ke kapal laut peningkatannya mencapai 87 persen dibanding tahun lalu jadi pertumbuhannya cukup signifikan,” jelasnya.

Untuk itu, BUMN akan memberangkatkan para pemudik di sejumlah titik pelabuhan. Dengan begitu, program mudik gratis bareng BUMN dapat dirasakan.

“Ada di beberapa pelabuhan seperti Kalimantan Tengah, kemudian Batam ke Medan, Makasar ke Surabaya, Makasar ke Semarang dan wilayah Indonesia di Ambon kita berangkatkan. Jadi keberadaan BUMN dirasakan seluruh masyarakat di Indonesia itu bukti BUMN hadir untuk negeri,” tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.