Sukses

Perbaikan Kerusakan Pasca Kerusuhan 22 Mei Capai Rp 465 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Guberbur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menginstruksikan agar adanya perbaikan untuk fasilitas umum yang rusak akibat perusuh dalam aksi 22 Mei. Anies menyebut mayoritas yang rusak yakni pagar dan taman.

"Paling banyak itu adalah kerugian kerusakan taman dan pagar. Itu Rp 465 juta, itu angka perbaikan," kata Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyebut perawatan atau pemeliharaan fasilitas publik telah dianggarkan setiap tahunnya di APBD DKI Jakarta.

Kendati begitu, Anies menyayangkan adanya kerusakan fasilitas publik akibat perusuh aksi 22 Mei. Dia mengharapkan pihak Kepolisian segera menangkap semua orang yang menjadi provokator.

"Benturannya saja disayangkan, itu kan side effect-nya. Tapi yang sebenarnya mendasar adalah seharusnya damai. Dan kita semua berharap nanti penyelidikan setelah tuntas kita akan tahu orang-orang yang bertanggung jawab sebagai pemancing terjadinya kerusuhan kemarin," jelasnya.

Sebelumnya, aksi 22 Mei yang menimbulkan kericuhan menyisakan kepiluan. Bahkan Kepolisan menangkap 300 pelaku kerusuhan dalam demo 21-22 Mei. Para tersangka ini terbagi dalam tiga wilayah penangkapan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, menyebut tiga wilayah itu meliputi di depan Kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), wilayah Petamburan dan di Polsek Gambir. Penangkapan perusuh paling banyak di kawasan Petamburan, Jakarta Barat.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Penjelasan Polri Soal Isu Hoaks Korban Tewas Saat Aksi 22 Mei di Kampung Bali
Artikel Selanjutnya
Datangi Korban Kerusuhan 22 Mei, Anies: Bentuk Negara Hadir