Sukses

Bus Wisata Tabrak Jalur Penyelamatan di Puncak Bogor, 15 Penumpang Luka

Tidak ada korban tewas dalam kejadian itu, namun 15 orang penumpang yang berasal dari Koja, Jakarta Utara itu mengalami luka ringan.

Liputan6.com, Bogor - Sebuah bus pariwisata mengalami kecelakaan di Selarong, Puncak, Kabupaten Bogor, Minggu (21/4/2019). Enam penumpang luka akibat kejadian tersebut.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP M. Fadli Amri menuturkan, kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Peristiwa bermula, bus yang membawa 44 penumpang meluncur dari arah Puncak menuju Jakarta. Saat melaju di turunan Selarong, bus B 7572 YZ ini mengalami rem blong.

Sang sopir bernama Suharno (29) langsung membanting stir ke kiri dan mengarahkan bus ke jalur penyelamatan kemudian berhenti setelah menabrak tumpukan ban dan dinding jalur penyelamatan.

Puluhan penumpang yang berada di dalam bus satu persatu dievakuasi oleh warga dan aparat kepolisian melalui kaca jendela.

Tidak ada korban tewas dalam kejadian itu, namun 15 orang penumpang yang berasal dari Koja, Jakarta Utara itu mengalami luka ringan. Sebagian besar korban luka adalah emak-emak dan anak kecil.

"Bus terselamatkan oleh jalur penyelamat. 15 penumpang luka ringan," kata Fadil.

Kini, seluruh penumpang bus telah dibawa ke RSUD Ciawi untuk mengecek kondisi kesehatannya setelah mengalami kecelakaan.

"Dirawat dulu, dicek kondisinya karena banyak yang syok. Termasuk sopirnya juga," kata dia.

Menurut Fadli, kecelakaan bus umum yang sarat penumpang tersebut diduga mengalami rem blong.

"Karena rem panas saat turunan, sehingga saat pedal rem diinjak tiba-tiba tidak berfungsi normal," ujar Fadli.

Hingga Minggu siang, polisi masih menunggu kedatangan mobil derek untuk mengevakuasi bus tersebut dari jalur penyelamatan.

"Penyelidikan sementara sopir dalam keadaan sadar saat mengemudikan bus tersebut," ucap Fadli.

Adapun korban luka adalah Rosmiati (41), Sutinah (53), Aanisa Balqis (18), Mia Sobana (31), Naisya Nursyahban (12), Ansya Nurfajriah (9), Vatir (7), Eenok (52), Yuyun Sundari (58), Nadia Dara Tamara (20), Rosini (52), Vicky (13), Ucu Uliyah (39), Emilia (48).

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.