Sukses

Jokowi Janji Tingkatkan Dana Desa Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menghadiri Silaturahmi Nasional Pemerintahaan Desa Se-Indonesia di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2019). Dalam arahannya, Jokowi mengaku  akan terus menambah anggaran dana desa.

Selain ditingkatkan, Jokowi juga ingin dana desa bisa digunakan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan desa.

Dia berharap kedepannya dana tersebut tidak hanya digunakan untuk membangun infrastruktur tetapi juga pembangunan sumber daya manusia.

"Ke depan mulai sedikit digeser ke hal yang berkaitan ekonomi dan inovasi, kalau ada produk lokas di desa yang punya keunggulan, di situ diberikan suntikan agar mempunyai produk kualitas, daya saing, masuk ke kota, masuk ke tingkat nasional," ungkap dia.

 

2 dari 3 halaman

Buat Kemasan Lebih Baik

Dia juga menyarankan ada produk-produk desa bisa memiliki tampilan yang lebih baik. Sehingga bisa menembus pasar luar negeri. 

"Kemasan ya baik, diberi label baik, merek baik, ada brand baik, angkat produk nasional. namanya online market place sehingga bisa dikenakan tingkat nasional. Kalau sudah naionla, dibawa ke global," ucap dia. 

Tambahnya, produk di desa pada dasarnya sudah memiliki kualitas yang baik. Namun, lanjutnya, jika lebih memperhatikan hal kecil akan lebih mudah lagi produk tersebut merambah dunia nasional dan internasional.

"Ini ke depan mulai dipikirkan ke arah situ, banyak sekali, produk di desa memiliki keunggulan belum bisa diangkat karena urusan kecil," tandasnya. 

 

Reporter: Sania Mashabi

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Proyek Infrastruktur Senilai Rp 571 Triliun yang Diajukan Anies ke Jokowi
Artikel Selanjutnya
Kemendes PDTT Nilai Keberhasilan Program Dana Desa Tidak Lepas dari Peran Kepala Desa