Sukses

Aksi Jokowi Bersama Menteri dan Kepala Daerah Jajal MRT Jakarta

Fokus, Jakarta - Kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Stasiun Bundaran Hotel Indonesia pada Selasa siang mendapat sambutan warga yang sejak beberapa jam sebelumnya telah menunggu kedatangan orang nomor 1 di Indonesia itu.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (20/3/2019), kedatangan Jokowi bersama sejumlah menteri kabinet kerja ke stasiun MRT (Mass Rapid Transit) ini untuk mencoba langsung pengoperasian kereta MRT Jakarta yang sejak 12 Maret 2019 lalu menjalani masa uji coba operasi.

Selain sejumlah menteri, tampak ikut dalam uji coba ini di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Tangerang Airin Rachmi Diany, dan Wali Kota Bogor Bima Arya. Jokowi senang melihat antusiasnya masyarakat menyambut kehadiran moda transportasi umum baru di Ibu Kota ini.

"Kita senang bahwa MRT ini disambut begitu antusias, kita harapkan ke depan penggunaannya semuanya masuk ke sini semua," ujar Jokowi.

Jokowi berharap, dengan kehadiran MRT dan juga moda transportasi lain di Jakarta, pengendara akan beralih ke angkutan umum dan pada akhirnya kemacetan lalu lintas di Ibu Kota bisa berkurang. Terkait tarif, Gubernur Anies Baswedan menyatakan akan ditetapkan sebelum peresmian pengoperasian MRT komersial 24 Maret 2019.

"Tarif sedang difinalisasi di dewan, tapi arahnya adalah nanti hitungannya berbasiskan kilometer, dari situ akan ditentukan tarif-tarif antarstasiun," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pembangunan MRT di Jakarta terdiri dari beberapa tahap. Untuk tahap pertama, proyek pembangunan MRT ini telah menelan dana investasi sebesar Rp 16 triliun.