Warga Prabumulih Manfaatkan Banjir Jadi Ladang Rezeki

Warga Prabumulih Manfaatkan Banjir Jadi Ladang Rezeki

Tak kehabisan akal, sejumlah warga mengubah bencana banjir menjadi sumber rejeki. Warga mengoperasikan perahu angkut untuk membantu pengendara sepeda motor yang ingin menyeberangi banjir.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (16/2/2019), hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan menyebabkan jalan penghubung antarkota dan kabupaten terendam banjir.

Tak hanya merendam jalan, banjir pun merendam jembatan darurat yang dibangun warga dengan biaya swadaya masyarakat.

Sejumlah kendaraan roda empat pun terpaksa memutar balik. Sementara, pengendara sepeda motor masih punya harapan dengan menyebang menggunakan jasa perahu angkut dari warga.

Warga memasang tarif sebesar Rp 10.000 per satu unit sepeda motor. Dengan ini pengendara tak perlu melalui jalan memutar.

"Kalau banjir pakai perahu ya. Satu orang ditarif Rp 10.000. Kalau seperti ini terus ya berat ya," ujar Mardianto, pengguna jasa perahu angkut.

Banjir luapan Sungai Lematang diprediksikan akan terus terjadi selama hujan deras masih turun. Untuk itu, warga berharap Pemkot Prabumulih dapat membangun jembatan yang lebih tinggi dari genangan air sehingga warga tidak disulitkan dengan banjir. (Karlina Sintia Dewi)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 16 February 2019, 17:10 WIB

Video Terkait

Spotlights