Sukses

Buya Syafii Puji Program Deradikalisasi Kepala BNPT Suhardi Alius

Buya menegaskan, jika banyak orang seperti Suhardi, maka radikalisme di Indonesia bisa ditekan.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Ma'arif atau Buya Syafii memuji langkah deradikalisasi yang digagas Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius.

"Tidak banyak orang seperti ini. Butuh kesabaran tingkat tinggi melakukan hal seperti itu," ucap Buya Syaf'i di Audiorium Lemhanas, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019).

Dia menegaskan, jika banyak orang seperti Suhardi Alius, maka radikalisme di Indonesia bisa ditekan.

"Orang ini berbeda dengan yang lain. Kalau orang seperti ini diperbanyak, radikalisme bisa berkurang," tuturnya.

Terpidana kasus bom Bali Ali Imron juga memuji gebrakan Suhardi Alius. Salah satunya, berani mendatangi kampung halamannya, di Desa Tenggulun, Kecamatan Solokuro, Lamongan.

"Baru kali ini ada pejabat mau datang ke Desa Tenggulun. Ini mau datang ke sarang teroris. Ini berani dan hebat," cerita Ali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rilis Buku

Keberhasilan dengan kebijakan tersebut, dituangkan Suhardi dalam buku yang diluncurkannya hari ini, yang berjudul 'Catatan Suhardi Alius: Memimpin Dengan Hati: Pengalaman sebagai Kepala BNPT'.

Suhardi berharap, buku tersebut bisa menjadi catatan pengalaman bagi para penerusnya. Terutama para juniornya.

"Mudah-mudahan berguna buat adik saya. Karena tahun depan kita akan paripurna," kata Suhardi.

Dia mengatakan, apa yang dilakukannya selama ini yang dilakukan di BNPT, hanya demi keluar dari zona nyaman. Dan melakukan hal yang baru.

"Ini keluar zona zaman. Pemikiran harus out the box. Salah satunya saya buktikan saya datang ke Desa Tenggulun. Itu hal yang baru," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.