Sukses

4 Kabar Terbaru Ahmad Dhani dari Rutan Medaeng Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Berkerudung merah muda, istri Ahmad Dhani mendatangi Rutan Klas 1 Medaeng, Sidoarjo, Surabaya untuk melihat kondisi musikus yang menjadi terdakwa kasus ujaran kebencian itu, Senin 11 Februari 2019.

Tak banyak yang terucap dari mulut pelantun Cinta Mati ini saat awak media berusaha mengorek keterangan darinya. 

Ahmad Dhani resmi ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Jawa Timur terkait ujaran kebencian yang dilontarkan kepada warga Jawa Timur yang menolaknya dalam kampanye #2019GantiPresiden.

Atas perbuatannya tersebut, Dhani divonis 1 tahun 6 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dari Rutan Cipinang, ayah dari Al, El, Dul ini lalu dipindahkan sementara ke Rutan Medaeng, Surabaya, Jatim hingga proses persidangan kasus pencemaran nama baik selesai.

"Pemindahan sementara penahanan di Medaeng. Status penahanan kewenangan Pengadilan Negeri Jakarta. Kami tidak menahan," tutur Hakim Ketua Anton Widyopriyono.

Rencananya hari ini, Selasa (12/2/2019), Ahmad Dhani akan kembali mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Surabaya, dalam kasus dugaan pencemaran nama baik.

Berikut ini kabar terbaru Ahmad Dhani dari Rutan Medaeng?

2 dari 6 halaman

1. Masih Jalani Pengenalan Rutan 1 Minggu

Saat baru menghuni Rutan Medaeng, pria yang akrab disapa Dhani ini menjalani masa pengenalan lingkungan atau mapenaling selama tiga hingga tujuh hari bersama 100 warga binaan lainnya sejak 7 Februari 2019.

Ahmad Dhani akan berada di rumah tahanan sampai sidang kasus dugaan ujaran kebencian yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya selesai.

"Berdasarkan penetapan hakim, posisi terdakwa berada di sini sampai sidang selesai. Nanti setelah selesai, akan dikembalikan ke Jakarta," kata Kepala Rutan Kelas 1 Surabaya Teguh Pamuji.

3 dari 6 halaman

2. Kondisi Kesehatan Menurun

Baru beberapa menghuni rutan, kondisi kesehatan musikus bertangan ini dikabarkan menurun. Mendengar kabar tersebut, istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela segera bergegas ke Surabaya untuk menengok suaminya.

"Mulan dengar itu langsung tadi pagi dia jalan, mau nengok, dia terbang ke sana," ungkap Lieus Sungkarisma, teman Ahmad Dhani, di Pengadilan Tinggi Jakarta, Senin (11/2/2019).

Namun, Lieus mengaku belum mendengar sakit apa yang diderita pentolan grup band Dewa ini.

"Belum tahu nih saya pengin juga ke sana," ucap Lieus Sungkarisma.

 

4 dari 6 halaman

3. Gembira Dijenguk Istri

Sesampainya di Rutan Medaeng, Wulan sempat ditolak pihak lapas karena tidak memiliki izin kunjungan. Setelah menunggu beberapa menit, dia diizinkan masuk.

Dalam pertemuan tersebut, kuasa hukum Ahmad Dhani menceritakan bagaimana saat keduanya bertemu. Karena ini adalah kali pertama Dhani dijenguk sejak ditahan di Medaeng pada 7 Februari 2019 lalu.

"Dhani dan Mulan hanya ngobrol ringan dan bercanda seperti biasa. Tidak ada tangis-tangisan," ucap Syahid.

Sementara itu, Ketua Bidang Kampanye Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno wilayah Jawa Timur, Didik Darmadi mengatakan, kalau kondisi Dhani cukup gembira ketika dijenguk istri dan para sahabatnya.

Pentolan grup band Dewa itu bahkan meminta sarung untuk dipakai dalam tahanan.

5 dari 6 halaman

4. Minta Penangguhan Penahanan

Atas hukuman ini, Ahmad Dhani mengajukan permohonan penangguhan penahanan ke Pengadilan Tinggi Jakarta. Penangguhan diajukan dengan beberapa pertimbangan.

"Pertimbangannya itu, Dhani masih punya anak kecil," ujar Lieus Sungkarisma di Pengadilan Tinggi Jakarta, Senin kemarin.

Jika penangguhan penahanan ini dikabulkan, maka pentolan Dewa tersebut akan kooperatif dan mengikuti semua prosedur hukum.

"Dia tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barbuk (barang bukti-red), itu ada. Dan saya sangat memohon Pengadilan jangan ikut berpolitik, tegakkan hukum sebagaimana adanya," ucap pihak keluarga Ahmad Dhani tersebut.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Santri yang Dianiaya Rekan Sendiri Akhirnya Meninggal

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ahmad Dhani Banjir Kunjungan di Tahanan Jelang Sidang Kedua
Artikel Selanjutnya
Ahmad Dhani Dipenjara, Ibunda Jatuh Sakit