Sukses

Hujan Lebat, BMKG Minta Warga Jabodetabek Waspada Longsor dan Banjir

Dalam laman BMKG, Prakirawan menuturkan potensi hujan lebat diperkirakan melanda Jabodetabek mulai pukul 07.10 WIB hingga 09.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi bencana longsor dan banjir akibat hujan lebat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Dalam laman BMKG, Prakirawan menuturkan potensi hujan lebat diperkirakan melanda Jabodetabek mulai pukul 07.10 WIB hingga 09.30 WIB.

Cuaca buruk itu berpotensi terjadi di Penjaringan, Kalideres, Benda, Pademangan, Tanjung Priok, Kemayoran, Sawah Besar, Gambir, Tambora, Taman Sari, Grogol Petamburan, Cengkareng, Batuceper, Karawaci, Periuk, Jatiuwung, Cibodas, Tangerang, Cipondoh, Pinang, Karang Tengah, Serpong Utara, Pondok Aren, Ciledug, dan Larangan.

Kemudian daerah Kembangan, Kebon Jeruk, Palmerah, Pesanggrahan, Serpong, Setu Tangerang, Gunung Sindur, Parung, Tajur Halang, Bojong Gede, Tanah Sareal, Bogor Barat, Bogor Tengah, Bogor Utara, Kemang, dan Dramaga.

BMKG memprediksi hujan berintensitas tinggi bisa meluas ke wilayah Koja, Cilincing, Kelapa Gading, Johar Baru, Cempaka Putih, Senen, Menteng, Tanah Abang, Matraman, Pulo Gadung, Jatinegara, Tebet, Setia Budi, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Ciputat Timur, Ciputat, Pamulang, Bojongsari, Sawangan, Cipayung Depok, Cibinong, Tapos, Cilodong, Sukmajaya, Pancoranmas, dan sekitarnya.

"Untuk para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar mengantisipasi dengan siagakan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan segera tindak lanjuti genangan," prakirawan mengimbau seperti dilansir Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir Tangerang

Sementara, banjir sudah terjadi di wilayah Tangerang karena hujan sejak Kamis (24/1/2019) sore.

Banjir, terpantau di daerah Bencongan, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang atau tepatnya di RW 20, puluhan rumahnya terendam banjir. Luapan Kali Sabi membanjiri perumahan di RT 03, 05 dan 06 di RW 20.

Juga sebagian perumahan di RW 31 dan 18. "Pokoknya yang berdekatan dengan Kali Sabi saja, pasti terdampak luapan Kali Sabi," ujar Tatang, salah seorang warga, Kamis malam.

Ketinggian air pun bisa mencapai 30 sampai 60 cm. Namun, lanjut Tatang, luapan air akan cepat surut kembali bilamana hujan tidak akan turun lagi.

"Waspada banget, apalagi malam begini. Semoga saja hujan berhenti dulu, agar banjir tidak semakin parah," ujarnya.

Sementara, sejumlah akses utama di perumahan Perumnas 2 menuju 3 juga tertutup genangan air hingga setinggi 40 cm. Hingga membuat sejumlah pengendara harus berhati-hati dalam menjalankan motor atau mobilnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Hujan