Sukses

Hari Pertama Libur Panjang, 85 Ribu Kendaraan Padati Tol Jakarta-Cikampek

Fokus, Bekasi - Hari pertama libur panjang akhir tahun, ruas Tol Jakarta-Cikampek dipadati puluhan ribu kendaraan dan diperkirakan merupakan puncak arus mudik.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (23/12/2018), puluhan ribu kendaraan memadati ruas hendak menuju ke arah timur.

Akibat padatnya kendaraan, mobil harus berjalan merayap dengan kecepatan maksimal 15 km per jam. Bahkan kadang terhenti. Kepadatan terlihat mulai kilometer 11 Bekasi Selatan.

Sebagian kendaraan merupakan kendaraan pribadi. Diperkirakan mereka hendak menuju kampung halaman atau menuju tempat wisata untuk mengisi liburan natal dan tahun baru.

Berdasarkan catatan operator jalan tol, peningkatan volume kendaraan mencapai 33 persen dengan jumlah 85 ribu kendaraan yang melalui gerbang Tol Cikarang Utama. Diperkirakan Sabtu, 22 Desember kemarin merupakan puncak arus mudik.

Sementara itu, Wakapolri menyatakan, berdasarkan pantauan di lapangan, kepadatan lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek dalam kondisi normal. Hal ini setelah dilakukan penghentian sementara proyek infrastruktur di sepanjang jalan tol serta koordinasi dengan berbagai instansi.

"Saya melihat sudah sangat lancar, saya mengimbau kepada masyarakat supaya budaya antre itu dilaksanakan," ujar Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

Kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek diprerkirakan akan terus terjadi hingga awal tahun depan, dimana warga Jakarta dan sekitarnya akan kembali setelah liburan akhir tahun. (Muhammad Gustirha Yunas)