Sukses

BMKG: Tsunami Akibat Fenomena Alam Ganda

Usai gelombang tsunami terjadi, BMKG segera berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk memastikan penyebab itu.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggelar jumpa pers di Jakarta, Minggu (23/12) dini hari WIB terkait bencana tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung. Mereka menjelaskan penyebab gelombang tsunami diduga disebabkan fenomena alam ganda antara lain gelombang pasang karena bulan purnama dan letusan Gunung Anak Krakatau.

"Ada indikasi yang terjadi memang pada hari yang sama ada gelombang tinggi ada bulan purnama namun juga terjadi letusan Anak Gunung Krakatau yang diduga mengakibatkan tsunami," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, seperti dikutip Antara.

Dwikorita menyebut, usai gelombang tsunami terjadi, BMKG segera berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk memastikan penyebab itu.

Sebelumnya, BMKG telah mengumumkan adanya gelombang tinggi di kawasan perairan Banten atau Selat Sunda pada 21-25 Desember 2018.

Selain itu, Badan Geologi Kementerian ESDM juga mencatat terjadinya erupsi Gunung Anak Krakatau pada pukul 21.03 WIB. "Tsunami terdeteksi cukup jauh sampai Bandar Lampung, Cilegon, dan Serang di Banten. Artinya energi cukup tinggi," ujar dia.

Dalam penjelasannya, BMKG juga menyebut perkiraan sementara tsunami akibat terjadinya longsoran material di dalam laut.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar, menyatakan, gelombang tsunami diperkirakan akibat aktivitas vulkanik. Namun demikian, dia menjelaskan, mereka akan memverifikasi data di lapangan lebih lanjut untuk membuktikan fenomena alam yang menyebabkan tsunami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Panik

Sebelumnya, warga kawasan pesisir di Pandeglang, Provinsi Banten dan Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung, Sabtu malam (22/12), dihebohkan informasi gelombang tsunami air laut. Di media sosial, hal ini juga jadi pembicaraan warga jejaring sosial.

Warga di sekitar Teluk Betung, Bandar Lampung, berhamburan panik keluar rumah mencari tempat yang dianggap aman, menyikapi isu adanya tsunami.

Alat pencatat gelombang BMKG merekam ketinggian gelombang di beberapa daerah yaitu pencatat gelombang wilayah Serang dengan ketinggian 0,9 meter pada 21.27 WIB, pencatat gelombang Banten dengan ketinggian 0,35 meter tercatat pukul 21.33 WIB.

Sementara pencatat gelombang Kota Agung, Lampung, tercatat pukul 21.35 WIB dengan ketinggian 0,36 meter, dan pencatat gelombang Pelabuhan Panjang mencatat ketinggian 0,28 meter pada pukul 21.53 WIB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.