Sukses

Puncak Arus Libur Natal dan Tahun Baru Diprediksi Malam Ini

Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto mengatakan, arus kendaraan di tol arah ke luar Jakarta meningkat pada libur Natal dan tahun baru ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian memprediksi puncak arus lalu lintas pada libur Natal dan Tahun Baru 2019 terjadi pada Sabtu (22/12/2018) malam ini. Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto mengatakan, peningkatan arus kendaraan di tol arah ke luar Jakarta sudah terjadi.

"Prediksi sore atau malam. Puncaknya prediksi kami dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya malam ini (macet)," kata Sudarmanto, Jakarta, Sabtu (22/12/2018).

Pihaknya sedang mengecek kondisi arus lalu lintas di tol ke arah Cikarang Utama. Dia mengatakan, kepadatan kendaraan di libur Natal dan tahun baru mulai terlihat, namun lalu lintas masih bisa terurai.

"Saya ini ada di kilometer 10, daerah Cikunir 5, untuk memantau. Saya mau ke arah Cikarang Utama, sudah cukup lumayan (padat), tapi belum terjadi kemacetan yang berarti," ucap Sudarmanto.

Menurutnya, potensi kemacetan terjadi di Kilometer 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Penyebabnya karena  ada pembangunan jalan tol layang dan terjadi pertemuan jalur yang membuat penyempitan. 

"Karena gini yang di Km 10 itu ada pertemuan, dari Jakasampurna, Tol Pondok Kopi Bintara, kemudian tol dari dalam kota," tandas Sudarmanto soal arus mudik Natal dan tahun baru. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Lancar

Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto memantau langsung arus mudik Natal 2018 di jalur Tol Trans-Jawa menggunakan sepeda motor. Ari Dono mengatakan, arus lalu lintas pada puncak mudik Natal tahun ini terpantau lancar. 

"Kalau jumlah kendaraan sampai pagi ini 29.589 yang melintas di tol ini (Exit Tol Cikampek). Tapi yang saya perhatikan tadi lebih lancar dari Natal dan Tahun Baru 2017," ujar Ari Dono di Pos Terpadu OPS Lilin Lodaya 2018, Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (22/12/2018).

Sebab, kata dia, kegiatan pada sejumlah proyek infrastruktur di Tol Jakarta-Cikampek masih berjalan. "Sehingga relatif lebih macet," tutur Ari Dono. 

Dalam kesempatan itu, Ari Dono meminta jajarannya untuk bersinergi dengan media untuk terus menyampaikan perkembangan kondisi lalu lintas. Sehingga masyarakat bisa mempersiapkan perjalanannya dengan baik. 

Jenderal bintang tiga itu juga meminta petugas memanfaatkan drone atau pesawat tanpa awak untuk memantau kepadatan lalu lintas di sejumlah titik rawan macet. Sehingga petugas bisa dengan cepat mengambil keputusan mengurai kemacetan. 

Selain itu, Ari Dono juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas serta beristirahat saat mulai lelah mengemudi. 

"Untuk Natal semua sudah lancar. Yang perlu diwaspadai itu pada saat pelaksanaan tahun baru nanti, yakni daerah wisata kemudian pemusatan-pemusatan pelaksanaan tahun baru," ucap dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.