Sukses

Pantau Mudik Natal dengan Motor, Wakapolri: Lebih Lancar dari 2017  

Wakapolri meminta petugas memanfaatkan drone atau pesawat tanpa awak untuk memantau kepadatan lalu lintas di sejumlah titik rawan macet.

Liputan6.com, Jakarta - Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto memantau langsung arus mudik Natal 2018 di jalur Tol Trans-Jawa menggunakan sepeda motor. Ari Dono mengatakan, arus lalu lintas pada puncak mudik Natal tahun ini terpantau lancar. 

"Kalau jumlah kendaraan sampai pagi ini 29.589 yang melintas di tol ini (Exit Tol Cikampek). Tapi yang saya perhatikan tadi lebih lancar dari Natal dan Tahun Baru 2017," ujar Ari Dono di Pos Terpadu OPS Lilin Lodaya 2018, Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (22/12/2018).

Sebab, kata dia, kegiatan pada sejumlah proyek infrastruktur di Tol Jakarta-Cikampek masih berjalan. "Sehingga relatif lebih macet," tutur Ari Dono. 

Dalam kesempatan itu, Ari Dono meminta jajarannya untuk bersinergi dengan media untuk terus menyampaikan perkembangan kondisi lalu lintas. Sehingga masyarakat bisa mempersiapkan perjalanannya dengan baik. 

Jenderal bintang tiga itu juga meminta petugas memanfaatkan drone atau pesawat tanpa awak untuk memantau kepadatan lalu lintas di sejumlah titik rawan macet. Sehingga petugas bisa dengan cepat mengambil keputusan mengurai kemacetan. 

Selain itu, Ari Dono juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas serta beristirahat saat mulai lelah mengemudi. 

"Untuk Natal semua sudah lancar. Yang perlu diwaspadai itu pada saat pelaksanaan tahun baru nanti, yakni daerah wisata kemudian pemusatan-pemusatan pelaksanaan tahun baru," ucap dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.904 Titik Perayaan Tahun Baru

Mantan Kabareskrim Polri itu menyebut, total ada 1.904 titik penyelenggaraan perayaan tahun baru di seluruh Indonesia. Dia memprediksi, dari sejumlah lokasi, akan terjadi penumpukan massa dan kepadatan lalu lintas. 

"Tapi itu pun sudah dipersiapkan alternatif-alternatif dengan pengalihan-pengalihan arus," ujar Ari Dono. 

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Ari Dono didampingi sejumlah petinggi Polri melanjutkan perjalanannya meninjau arus mudik menggunakan sepeda motor.

Kali ini Wakapolri akan menuju ke Semarang melalui Tol Trans-Jawa yang sudah terhubung hingga Surabaya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.