Sukses

Demi Tingkatkan Daya Saing Industri, Kemenperin Luncurkan IID Award

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian menyelenggarakan kegiatan Kick Off Indonesia Industrial Design Award 2019. Acara tersebut diselenggarakan di Dia.Lo.Gue - Kemang, Jakarta, (18/12).

Penghargaan tersebut nantinya bertujuan untuk terus mendorong industri kecil dan menengah (IKM) agar menerapkan standar produk, inovasi dan kreativitas penciptaan desain-desain terbaru sehingga mampu bersaing di pasar global, terang Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian dalam keterangan tertulisnya.

Demi menyelenggarakan penghargaan itu, Kemenperin bekerjasama dengan asosiasi profesi desain di Indonesia yaitu ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia), HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia), dan AIDIA - Asosiasi profesional desain komunikasi visual Indonesia) berinisiasi menyelenggarakan kegiatan Indonesia Industrial Design Award 2019 (IID Awards).

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan program ini merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Perindustrian untuk produk, desainer dan klien (Perusahaan/Industri) yang berkontribusi dalam proses pemecahan masalah strategis.

Tak hanya itu, bagi mereka yang mendorong inovasi, membangun kesuksesan bisnis, dan menghasilkan kualitas produk, sistem, layanan dan pengalaman yang lebih baik, dengan berbasis pengembangan, inovasi dan kualitas desain produk industri (Industrial Design).

“Penghargaan juga diberikan untuk produk-produk yang telah ada di pasar Indonesia dan menjadi citra khas produk industri Indonesia, serta penghargaan bagi tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia. IIDA akan mencakup produk-produk dari lini industri Start Up, Kecil, Menengah dan Besar,” ujar Gati Wibawaningsih. 

Dalam proses penyelenggarannya, Indonesia Industrial Design Awards dimulai dengan kick off yang dilaksanakan hari ini. Setelah itu, akan ada sosialisasi yang di mulai pada hari ini sampai juli 2019, tahap pra seleksi d bulan juli dan seleksi 1 di bulan agustus serta seleksi tahap 2 di bulan september dan terakhir  penganugerahan (awarding ceremony) pada bulan oktober 2019 yang dilanjut dengan roadshow sampai bulan desember 2019.

Mengenai penghargaan, lanjut Gati bahwa di Indonesia Industrial Design Award akan ada 3 penghargaan yang berupa IID Award yang diberikan untuk produk baru (maximum diproduksi 3 tahun sebelumnya) dengan melalui proses penjurian yang terdiri dari IID Good Design, IID Best 20, IID Best 3.

Selain itu, lanjut Gati IID Grand Award dengan beberapa kategori seperti Aplikasi & Permainan (Game), Produk Elektronika & Peralatan Rumah Tangga (Home Appliances), Transportasi & Aksesoris Otomotif, Materi Promosi dan Identitas Visual Produk (Product Visual Identity), Produk Mainan Kreatif & Alat Peraga Pendidikan, Produk Industri Kerajinan, Alas Kaki & Apparel, Perhiasan dan Aksesoris Fashion, Furnitur & HomeDecor, Perlengkapan Kantor dan terakhir Hobby & Leissures.

Selain itu ada juga penghargaan IID Mark,  yang diberikan pada produk yang memiliki nilai-nilai heritage dan berkualitas yang ada dipasar,  serta penghargaan IID Lifetime Achievement, untuk diberikan kepada tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia baik dalam bidang Kebijakan (Wisdom), Pengembangan Produk (Product Development), dan Pendidikan (Knowledge).

“Indonesia Industrial Design Award  ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun juga akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa (Face of Nation, Face of Industry, Face of Lifestyle, Face of Creation,  & Face of Brand) melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan kualitas desain yang baik," imbuh Gati. 

 

(*)

Santri yang Dianiaya Rekan Sendiri Akhirnya Meninggal

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
RI Kejar Ketertinggalan Desain Produk Industri dari Thailand
Artikel Selanjutnya
Jurus Kemenperin Dongkrak Produk RI Makin Inovatif