Sukses

BMKG: Suara Misterius dari Langit Jangan Dikaitkan Mitos

Liputan6.com, Jakarta - Saidah, seorang warga di Pekalongan, Jawa Tengah kaget ketika mendengar suara misterius dari langit. Suara itu meraung-raung.

Peristiwa tersebut didengarnya pada pukul 00.30 WIB, Jumat (14/12/2018).

Bagian Observasi Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, Sukarno menilai, tidak ada fenomena alam terkait suara misterius dari langit ini. Kemungkinan besar hanyalah suara mesin pesawat.

"Ini kan memang jalur pesawat lewat, jadi kemungkinan hanya suara mesin," kata Sukarno ketika dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/12/2018).

Dia pun mengimbau, masyarakat tak perlu meyakini adanya unsur mistis dari suara misterius dari langit ini. Solusinya bisa dengan membaca buku-buku ilmiah, sehingga tahu faktanya.

"Masyarakat tidak perlu percaya dengan mistis. Pasti ada penjelasan logis. Bisa membaca buku ilmiah," ujar Sukarno.

2 dari 3 halaman

Kesaksian Warga

Sebelumnya, warga Pekalongan, Jawa Tengah tiba-tiba dihebohkan dengan suara misterius yang meraung di langit. Menurut salah seorang warga Pekalongan, Saidah (41), suara raungan mirip pesawat itu terdengar sangat keras dan berdurasi hampir 1 menit.

Saidah mendengar suara misterius tersebut pada pukul 00.30 WIB saat akan melaksanakan salat tahajud.

"Saya dengar seperti suara serigala, kan di sini banyak anjing. Kok ada serigala, tapi lama-lama suara itu mirip pesawat," ujar Saidah saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/12/2018).

Menurut dia, suara itu terdengar sangat keras seperti berada di atas genting. "Saya nggak berani keluar rumah, takut," kata dia.

 

(Rifqi Aufal Sutisna)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Hilang Keseimbangan, Wanita Tua Nyaris Jatuh dari Eskalator

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Heboh, Suara Misterius Meraung di Langit Pekalongan