Sukses

Pemkot Tangerang Wajibkan Satu Siswa Satu Pohon

Wujudkan lingkungan hijau, Pemkot wajibkan satu siswa satu pohon.

Liputan6.com, Jakarta Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, menginstruksikan Dinas Pendidikan Kota Tangerang untuk mewajibkan setiap wali murid membawa satu pohon saat mengambil rapor. Hal tersebut ia sampaikan dalam Puncak Aksi Penanaman Pohon 2018, di alun-alun Kecamatan Neglasari, Rabu (5/12/2018).

“Coba deh misalkan nih anak SMP waktu pembagian rapor, suruh nanam pohon dulu satu anak satu pohon. Baru bagiin rapornya biar bisa masif,” ujar Arief.

Ia juga meminta OPD dan seluruh pihak untuk ikut menghijaukan Kota Tangerang. Sebab, aksi ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat sebagai bentuk upaya mitigasi perubahan iklim. Melalui penanaman pohon di masing-masing wilayah.

“Menyelesaikan suatu masalah perlu peran serta dari seluruh pihak. Aksi penanaman pohon ini diharapkan bisa menurunkan suhu dua derajat celsius. Jadi kita harus benar-benar bekerja keras dan bekerja sama,” ucap Arief.

Lanjutnya, penanaman pohon secara terus menerus dan masif diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Aksi itu juga menuntut peran nyata dari pemerintah serta masyarakat untuk lebih peka dan sadar terhadap isu perubahan iklim.

“Kalau lingkungan ini enggak kita tata dan atasi bersama, ibaratnya kita menyimpan bom waktu,” kata Arief.

Dirinya berharap, acara tersebut bukan sekadar puncak kegiatan. Namun, diharapkan aksi ini menjadi starting point untuk bisa bekerja sama dengan seluruh masyarakat melakukan penanaman pohon.

“Puncaknya adalah ketika kota kita ini lebih sejuk lebih adem dinikmati. Dan saya yakin hal itu bisa diwujudkan di kota kita ini. Asalkan semua pihak sadar, bahwa kota ini adalah anugerah terindah yang Allah SWT berikan kepada kita semua,” ujar Arief.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengajak semua pihak untuk sama-sama bekerja menjadikan lingkungan Kota Tangerang menjadi sejuk dan nyaman untuk generasi penerus.

“Kota ini punya potensi dua juta penduduk. Kalau satu pohon satu orang, udah ada empat juta pohon di kota ini,” ucap Arief.

Sebagai informasi, acara tersebut mengusung tema “Aksi Nyata, Satu Tujuan di Bawah 2°C”. Acara diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Hari Menanam Pohon Indonesia tingkat Kota Tangerang.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini