Sukses

Mendagri: Anies Belum Punya Wakil, Salah Partai Koalisi

Mendagri meminta partai koalisi kompak mengusung dua nama calon wagub DKI yang akan diajukan ke DPRD.

Liputan6.com, Bandung - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta dua partai pengusung, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra untuk segera menentukan nama pengganti Sandiaga Uno untuk menjabat posisi wakil gubernur DKI Jakarta.

Menurutnya, kekosongan posisi wakil gubernur DKI yang sampai saat ini belum diputuskan bukan kesalahan Gubernur DKI Anies Baswedan. Kekosongan itu bisa terisi jika partai koalisi pengusung kompak.

"Pemprov DKI sampai sekarang belum ada wakil bukan salah Pak Anies. Salah partai pengusung," ujarnya ditemui usai menghadiri apel Danrem dan Dandim se-Indonesia di Pussenif Kodiklat TNI AD, Kota Bandung, Selasa (27/11/2018).

Disinggung soal tengat waktu kapan posisi wagub DKI harus terisi, Tjahjo menilai semua keputusan bukan ada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Soal kapan bukan kewenangan kami atau pak Anies. Kewenangan ada di partai koalisi," kata dia.

Prosedurnya, kata dia, partai politik pengusung terlebih dulu mengajukan satu atau dua nama yang disepakati. Lalu, nama tersebut diajukan ke DPRD DKI Jakarta.

"Dari DPRD diputuskan mau voting atau aklamasi, baru diserahkan Kemendagri," jelasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sandiaga Mengundurkan Diri

Seperti diketahui, Sandiaga Uno mengundurkan diri sebagai wagub DKI Jakarta pada 10 Agustus 2018. Ia ikut mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.