Sukses

Antisipasi Banjir di Kali Ciliwung Jelang Puncak Musim Hujan

Antisipasi curah hujan tinggi, Pangdam Jaya bersama Kepala Balai Besar Ciliwung Cisadane lakukan evaluasi dengan menyusuri Kali Ciliwung.

Liputan6SCTV, Jakarta - Kali Ciliwung selalu menjadi sorotan saat musim hujan di Jakarta. Penuntasan masalah-masalah yang ada di sepanjang sungai itupun tidak kunjung selesai.

Pangdam Jaya bersama Kepala Balai Besar Ciliwung Cisadane, menelusuri langsung aliran Sungai Ciliwung sebagai bahan evaluasi dan pencegahan awal antisipasi curah hujan tinggi yang akan terjadi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (22/11/2018), air keruh, banyaknya sampah, dan bantaran kali yang jadi perumahan semi permanen masih mewarnai pemandangan di Kali Ciliwung. Tiap tahun, normalisasi terus dilakukan oleh pemerintah provinsi. Namun belum bisa mencegah banjir Ibu Kota.

Pangdam Jaya bersama Kepala Balai Besar Ciliwung Cisadane menelusuri langsung aliran Sungai Ciliwung. Dimulai dari Rindam Jaya hingga ke Pintu Air Manggarai. Hasil penyusuran akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan pencegahan awal antisipasi curah hujan tinggi yang akan terjadi.

Saat musim penghujan tiba, ketinggian air di sungai tersebut bisa bertambah hingga lima meter. Sampah-sampah yang tersangkut di titik ini menjadi indikator ketinggian maksimum air Sungai Ciliwung. (Galuh Garmabrata)