Sukses

JK: Dana Desa Jangan Hanya untuk Infrastruktur, Tapi Juga Pertanian

JK menjelaskan penting untuk menjaga swasembada. Tidak hanya itu, penting juga menjaga pendapatan masyarakat selain petani.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta agar dana desa bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur tetapi untuk pembangunan pertanian.

"Apakah kopi, cokelat, buah-buahan, holtikultra dan sebagainya. Jangan hanya mengandalkan padi," kata JK di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2018).

Dia menjelaskan penting untuk menjaga swasembada. Tidak hanya itu penting juga menjaga pendapatan masyarakat selain petani.

"Karena itulah maka dana desa dapat dipakai untuk membeli bibit yang baik, dibagi kepada masyarakat bibit-bibit unggul untuk buah-buahan, kopi, cokelat, dan sebagainya," papar JK.

Karena itu, kata JK, pembangunan desa penting untuk pendapatan serta keseimbangan masyarakat. JK juga berharap program-program desa lebih difokuskan dan menghasilkan untuk pembangunana.

"Karena apabila masuk kota terlalu banyak timbul juga pengangguran di kota. Kalau timbul pengangguran di perkotaan maka angka kriminalitas akan tinggi," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.