Sukses

Eks PM Australia Nilai Konsep Indo-Pasifik Akan Didukung di KTT ASEAN

Fokus, Jakarta - Mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menilai konsep Indo-Pasifik akan mendapat dukungan negara-negara ASEAN. Alasannya sebagai negara terbesar di Asean langkah Indonesia akan diperhitungkan dunia internasional.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (9/11/2018), Indonesia akan memaparkan konsep Indo-Pasifik di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang akan digelar pekan depan.

Indo-Pasifik menjadi salah satu agenda penguatan politik luar negeri Indonesia di tahun 2018. Konsep ini sudah digaungkan sejak 2013 lalu.

"Indonesia negara terbersar dan berpengaruh di ASEAN, selain itu konsep yang ditawarkan sangat realistis," kata mantan PM Australia Kevin Rudd.

Ada tiga prinsip kerja sama dalam konsep Indo-Pasifik yang telah lama dibentuk dan digodok Indonesia, yakni transparan, terbuka serta inklusif sesuai hukum internasional.

"Dalam kondisi dunia yang sekarang ini semakin tertantang untuk menjaga kekompakannya dan peran sentral dalam percaturan kawasan," ujar Founder FPCI Dino Patti Djalal.

Indonesia ingin menggunakan ASEAN sebagai sentralistas yang membangun arsitektur Indo-Pasifik. Karenanya, Indonesia menggunakan pendekatan building block dengan memperkuat kerja sama negara-negara Samudra Hindia. (Muhammad Gustirha Yunas)