Sukses

Inalum dan Politeknik Negeri Malang Kerjasama dalam SDM Pertambangan

Liputan6.com, Jakarta Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero) menjalin kerjasama dengan Politeknik Negeri Malang (PNM) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) disela-sela IBD Expo di Surabaya (3/10). Kerja sama ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas SDM pertambangan selama 5 tahun kedepan.

Ditandatangani oleh Direktur Utama INALUM Budi G. Sadikin, mengataan bahwa MoU tersebut merupakan payung kerja sama yang meliputi yaitu Pengembangan Program Studi Diploma III Teknologi Pertambangan. Mulai dari Beasiswa Pendidikan, Praktek Kerja Lapangan(PKL) Mahasiswa, Pengabdian Kepada Masyarakat di sekitar lokasi operasional tambang, Penelitian Terapan, dan Penyediaan SDM sebagai Dosen Industri.

“Sebagai Holding Industri Pertambangan, INALUMberkeinginan untuk membuka peluang sebesar-besarnya bagi mahasiswa dan lulusan tambang yang berbakat dan memiliki semangat untuk bersama memajukan sektor tambang di Indonesia. Penandatanganan MoU dengan PNM ini merupakan upaya kami untuk itu,” demikian menurut Budi Sadikin.

Hal serupa juga dinyatakan oleh Direktur Politeknik Negeri Malang, Awan Setiawan. Ia mengatakan inti MoU ini adalah pengembanganpro gram studi teknik pertambangan. Dengan MoU ini diharapkan kekosongan yang menjembatani tenaga ahli lulusan S1 dengan tenaga kerja lulusan SMK jadi terisi karena selamaini tidak ada.

Selain kerjasama tersebut, INALUM turu aktif dalam IDB Expo Indonesia. Bersama anggota Holding lainnya yakni PT Antam Tbk PT Bukit Asam Tbk., dan PT Timah Tbk., INALUM menghadirkan stand yang terintegrasi memamerkan berbagai kegiatan operasional, rangkaian produk dan juga program, Corporate Social Responsibility (CSR) yang selama ini dilakukan.

IBD Expo merupakan ajang pertemuan bergengsi para pelaku usaha BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional dan internasional, serta perwakilan lembaga pemerintah non-kementerian. Tahun 2018 merupakan kali ke-3 IBD Expo diselenggarakan, dan untuk pertama kalinya bertempat di Surabaya.

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
INALUM Kirimkan Tim dan Bantuan Untuk Korban Gempa & Tsunami di Palu-Donggala
Artikel Selanjutnya
Ahli Tambang Puji Jokowi Bisa Kuasai 51 Persen Saham Freeport