Sukses

Top 3 News: Ini Penyebab Saudi Cekal Rizieq Shihab

Top 3 news kali ini terkait pencekalan Rizieq. Polri menyatakan tidak memiliki kuasa untuk campur tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News, larangan untuk terbang ke Malaysia dikeluarkan pemerintah Arab Saudi kepada pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Pria yang pernah terlibat kasus dugaan chat seks dengan Firza Husein ini dianggap telah melanggar sejumlah peraturan selama tinggal di negara tersebut.

Kapitra Ampera, pengacara Rizieq Shihab, mengungkapkan, banyaknya jemaah, baik umrah maupun haji yang berkunjung ke hotel tempat Rizieq menginap diduga menjadi salah satu penyebabnya. Kumpulan massa yang banyak dianggap ada muatan politis.

Terkait pencekalan Rizieq, Polri menyatakan tidak memiliki kuasa untuk campur tangan. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, pemerintah Arab Saudi punya wewenang penuh menangani perkara yang menyebabkan larangan tersebut muncul.

Sementara itu, kabar lain di Liputan6.com yang tak kalah menyita perhatian, meninggalnya kakak kandung Syahrini, Ridwan Zaelani (41). Ridwan diduga tersengat arus listrik tegangan tinggi saat tengah mencuci truk tronton milik perusahaannya.

Korban luka pada siku tangan kiri melepuh, telapak tangan kanan berlubang, jari kaki kanan dan kiri melepuh.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 26 September 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kapitra Ampera: Rizieq Shihab Bukan Dicekal, Tapi...

Rizieq Shihab tidak diperbolehkan meninggalkan Arab Saudi saat mengurus visa untuk terbang ke Malaysia. Pengacara Rizieq, Kapitra Ampera mengatakan pemerintah Arab Saudi tidak mencekal pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu.

Menurut dia, pihak setempat menduga Rizieq Shihab melakukan pelanggaran selama berada di negeri itu.

Dia mengatakan, pihaknya telah bertanya kepada Polri dan BIN. Namun, kedua lembaga tersebut mengatakan tidak ada pencekalan terhadap Rizieq Shihab.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Kronologi Kakak Syahrini Tersengat Listrik

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky mengatakan, peristiwa terjadi saat Ridwan sedang mencuci truk Mitsubishi Tronton, warna kuning bernomor polisi B 9031 SYV di perusahaannya CV Zaelani Bintang Abadi Kampung Cimahiwal, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Saat itu, korban sempat meminta seorang mekanik bernama Deden Edi Rustandi (36) untuk menaikkan bak truk yang sedang dia cuci. Tanpa diduga bak truk mengenai arus listrik tegangan tinggi sehingga mengenai kakak Syahrini hingga meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Di atas truk ternyata ada kabel yang teraliri listrik lalu nempel di bodi bak truk," kata Dicky.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Saudi Cekal Rizieq Shihab ke Malaysia, Polri: Kami Tak Bisa Intervensi

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dicekal bepergian ke Malaysia oleh pihak imigrasi Arab Saudi. Terkait hal tersebut, Polri menyatakan tidak memiliki kuasa untuk campur tangan.

"Polri enggak ada kewenangannya di situ. Polri tidak punya kewenangan masalah keimigrasian. Itu wilayah imigrasi. Apalagi itu imigrasi Arab Saudi jadi enggak ada kaitannya," jelas Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto.

Sebelumnya, Perwakilan Front Pembela Islam (FPI) dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama menemui Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Kedatangannya guna mengadu terkait intimidasi yang dilakukan petugas Imigrasi Arab Saudi terhadap Pemimpin FPI Rizieq Shihab.

 

Selengkapnya...

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.