Sukses

Video Amatir usai Api Bakar Hutan Lindung di Lereng Gunung Sumbing

Video amatir yang sengaja direkam Tim Petugas BPBD Temanggung pada Sabtu pagi memperlihatkan kondisi hutan yang terbakar.

Fokus, Temanggung - Hutan lindung Lereng Gunung Sumbing di Temanggung, Jawa Tengah, terbakar beberapa waktu lalu. Video amatir yang sengaja direkam Tim Petugas BPBD Temanggung pada Sabtu pagi memperlihatkan kondisi hutan yang terbakar.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (22/9/2018), meski sudah dilakukan pemadaman dengan metode water bombing atau melalui udara sebanyak delapan kali dalam waktu empat hari, bara api masih terlihat yang ditandai asap yang mengepul dari di bawah tanah.

Untuk itu, petugas terus melakukan pengecekan sekaligus pemadaman secara manual agar bara api yang masih tersimpan benar-benar padam. Sedikitnya 30 personil dari BPBD ditambah dari tim TNI, Polri, dan lainnya, secara bergantian bersiaga selama 24 jam.

Sebelumnya, hutan lindung di Lereng Gunung Sumbing dan Sindoro telah terbakar selama kurang lebih satu pekan. Terbakarnya ratusan hektar tumbuhan pohon akasia dan pohon pinus di dua gunung kembar itu mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah. (Rio Audhitama Sihombing)Â