Sukses

2 Titik Api Lereng Gunung Sumbing Padam dengan Water Bombing

Fokus, Magelang - Kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing mulai teratasi setelah petugas gabungan melakukan pemadaman dari udara. Masih ada tiga dari lima titik api yang belum dalam dipadamkan. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (19/9/2018), kepulan asap telah jauh berkurang karena kebakaran mulai berhasil diatasi berkat water bombing yang dikerahkan helikopter kamov milik BNPB.

Dari dua titik api yang telah padam, petugas masih terus mengawasi apakah titik api tersebut telah benar benar padam. Pengawasan juga dilakukan supaya api yang telah padam tak lagi timbul karena kencangnya angin.  

Sementara itu, penyebab kebakaran hutan di lereng Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah telah terungkap. Ada oknum yang sengaja membakar untuk memperluas lahan sebesar 500 hingga 700 meter. Dari lokasi pembukaan lahan secara ilegal, petugas menemukan sejumlah barang bukti.    

Saat ini, pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka oleh aparat Polres Temanggung. Petugas juga menyita sejumlah barang bukti seperti katu dan alat untuk membuka lahan. (Karlina Sintia Dewi)