Sukses

Sambut HUT ke-73 RI, Bendera Merah Putih Berkibar di Gunung Munara

Liputan6.com, Bogor - Bendera Merah Putih berukuran besar kembali dikibarkan di Gunung Munara, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu sore 12 Agustus 2018.

Bendera Merah Putih berukuran 6x22 meter yang dikibarkan di atas ketinggian 350 MDPL ini merupakan gagasan pemuda setempat untuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-73 RI.

Proses pemasangan bendera dengan menutup puncak Gunung Munara dibantu sejumlah komunitas pecinta alam dan lingkungan.

Sebelum dibentangkan di puncak gunung, Bendera Merah Putih diarak oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan diikuti masyarakat sekitar dari depan Kantor Kecamatan Rumpin hingga Gunung Munara.

"Setelah diserahkan oleh camat bendera itu kemudian diarak dengan berjalan kaki menuju Gunung Munara," kata Ketua Panitia Pengibar Bendera, Mulya Diva.

Menurutnya, pemasangan Bendera Merah Putih raksasa di atas Gunung Munara ini dilakukan sejak empat tahun terakhir. Hal ini untuk mengenang para pejuang yang telah merebut kemerdekaan dari penjajah.

"Dan Kecamatan Rumpin salah satu daerah yang dijadikan tempat peperangan pada masa penjajahan Belanda," kata pria yang akrab disapa Ozos.

 

1 dari 2 halaman

Petilasan

Gunung Munara sendiri sengaja dipilih karena konon Sukarno, Presiden Pertama RI pernah singgah di tempat ini untuk merumuskan Negara Indonesia.

Bahkan, di gunung tersebut juga terdapat petilasan Syekh Sultan Maulana Hasanudin, sebelum menyebarkan ajaran Islam ke Banten.

"Petilasan berupa goa. Letaknya di sebelah kiri dekat pos keamanan jalur pendakian," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Sejuta Bendera Merah Putih Bakal Berkibar di Kalimantan Tengah
Artikel Selanjutnya
Observasi Istana Merdeka, Calon Paskibraka 2018 Dibuat Deg-degan