Sukses

Menkes Masih Tunggu MUI Beri Sertifikat Halal bagi Vaksin MR

Nila mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengirimkan surat kepada produsen vaksin MR.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek masih menunggu Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan sertifikat halal bagi vaksin measles dan rubella (MR).

"Belum. Belum keluar serifikat halal dari mereka. Tetapi prosesnya apa yang dimintakan sudah kami kerjakan," kata Nila di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Nila mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengirimkan surat kepada produsen vaksin MR, yakni Serum Institute of India (SII). Hal ini agar produsen menyiapkan dokumen terkait dan mengirimnya ke MUI sebagai bagian kepengurusan sertifikasi halal.

"Saya sudah kirim surat ke Serum Institute of India, dan kita menunggu jawaban," ucap Nila.

Meski belum bersertifikat halal dari MUI, Nila mengaku pihaknya tetap memberikan vaksin MR kepada mereka yang membutuhkan.

"Tetap dipakai. Tentu ada orang yang bisa menerima dong. Ya, yang menerima tetep kita lakukan. Yang halal bagi yang memerlukan sertifikat tapi bagi yang tidak kita jalan terus," kata Nila.

Yang terpenting, kata Nila, penggunaan vaksin ini untuk mencegah penyakit campak dan rubella.

"Kalau kami dari sisi kesehatan tentu harus menjaga kesehatan masyarakat. Campak bisa mematikan. Rubella membuat kecacatan yang akan membebani bangsa kita negara kita. Oleh karena itu dari sisi kesehatan kami harus tetap melakukan imunisasi," tandas Nila.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.