Sukses

Warga Ikut Berpartisipasi Bersihkan Kali Item

Selain penyemprotan, ada juga masyarakat yang menaburkan serbuk berisi jamur yang bisa meredam bau tak sedap.

Liputan6.com, Jakarta Asian Games semakin dekat. Tak hanya Pemprov DKI Jakarta, pemerintah pusat hingga kelompok masyarakat pun berinisiatif untuk membuat Kali Item bebas bau. Minggu pagi Kali Item yang berada tepat di sebelah Wisma Atlet ini disemprot cairan mikroba untuk mengurangi bakteri penyebab bau.

"Secara umum perubahannya cukup bagus. Apalagi dengan teknologi treatment bisa lah," ujar Kadis Sumber Daya Air DKI Teguh Hendrawan Seperti ditayangkan Liputan6SCTV, Minggu (29/7/2018)

Selain penyemprotan, ada juga masyarakat yang menaburkan serbuk berisi jamur yang bisa meredam bau tak sedap. Kotornya Kali Item membuat sejumlah pabrik rumahan tempe di Kelurahan Sunter Jaya, Tanjungpriok, Jakarta Utara dituding sebagai penyebab kotornya kali. Para produsen tempe ini membantah hal itu. Selama bertahun-tahun, para produsen tempe mengklaim telah mengelola limbah sebelum dialirkan ke Kali Item.

"Masalahnya limbah tempe setiap tikungan ada septic tank untuk mengelolah sampah atau ampas tempe. Ada kolam berbentuk tiga kolam masuk kolam satu, dua, tiga baru masuk air," kata produsen tempe Ahmad Rozikin.

Menurut para produsen tempe, limbah yang dibuang ke Kali Item bukan semata berasal dari pabrik rumahan tempe, melainkan dari berbagai macam sumber termasuk rumah tangga dan industri rumahan yang lain. (Ridho Insan Putra)