Sukses

5 Fakta di Balik Penangkapan KPK pada Inneke Koesherawati

Sebelum ikut terciduk KPK, rencananya hari ini Inneke Koesherawati akan menggelar jumpa penggemar dengan Marini Zumarnis di salah satu toko buku di pusat perbelanjaan di Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen dan empat orang lainnya, termasuk Inneke Koesherawati.

Berdasarkan keterangan dari komandan jaga bernama Yunaidi, pada Sabtu, 21 Juli kemarin, sekitar pukul 00.00 WIB, KPK terlebih dahulu menggeledah ruang Kalapas Sukamiskin dan kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atas nama Andri dan Fahmi Darmawangsa yang tak lain suami Inneke Koesherawati.

Lantas, apa yang menyebabkan hingga Inneke Koesherawati juga harus ikut terseret dalam jerat KPK? Berikut sejumlah fakta yang berhasil terkuak: 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dugaan Suap

Kalapas Sukamiskin kini ditetapkan tersangka atas kasus pemberian fasilitas dan perizinan di dalam lapas Bandung, Jawa Barat ini.

Wahid diduga telah menerima dua mobil jenis Mitsubishi Fortuner dan Mitsubishi Triton Exceed dari Fahmi terkait fasilitas sel dan kemudahan bagi suami dari Inneke Koesherawati ini untuk keluar masuk Lapas Sukamiskin.

 

3 dari 6 halaman

2. Diduga sebagai Pemberi

Kabar penangkapan Inneke Koesherawati oleh KPK pertama kali didapat dari sumber Jawapos.com, Sabtu, 21 Juli 2018.

Inneke, kata sumber tersebut, diduga turut mengetahui adanya OTT yang dilakukan KPK terhadap Fahmi, suaminya.

"Dia diduga sebagai pemberi," ungkap sumber tersebut.

Saat ditangkap Sabtu dini hari kemarin, KPK berhasil mengamankan lima orang terkait suap. Yaitu Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, WBP atas nama Andri dan Fahmi Darmawangsa, Inneke Koesherawati, dan orang kepercayaan Wahid.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Menikmati Sel Sukamiskin yang Nyaman

Selain mobil dan surat-suratnya, dalam penggeledahan KPK juga mengamankan uang sebesar Rp 279.920.000 dan USD 1.400.

Uang tesebut juga sebagai salah satu jaminan, bahwa suami dari Inneke, Fahmi Darmawangsa bisa mendapat kamar lebih nyaman dengan berbagai fasilitas.

5 dari 6 halaman

4. Rencana Hadiri Meet and Greet

Sebelum ikut terciduk KPK, rencananya hari ini Inneke akan menggelar jumpa penggemar dengan Marini Zumarnis di salah satu toko buku di pusat perbelanjaan di Tangerang.

Hal itu terlihat dari akun Instagram pribadi Inneke Koesherawati dan Marini Zumarnis yang ikut mempromosikan acara tersebut.

"Hai Darl ini merupakan buku yang menceritakan kisah persahabatan Inneke Koesherawati dan Marini Zumarnis. Buku Hi Darl juga menjadi sebuah akronim untuk humbleness, inspiration, dream, awakening, relationship yang berarti kerendahan hati, inspirasi, mimpi, kebangkitan, hubungan," tulis Inneke pada unggahan beberapa hari lalu.

Hingga kini belum diketahui apakah Inneke Koesherawati akan hadir dalam acara tersebut, menyusul kabar penangkapannya.

 

6 dari 6 halaman

5. Unggahan Terakhir di Instagram

Sebelum ditangkap KPK, Inneke sempat mengunggah foto di Instagram Stories-nya. Unggahan tersebut memperlihatkan penggalan hadis dan ayat Alquran.

"Pernah melihat orang yang diinginkan kebaikan malah marah-marah?! Pernah melihat orang yang ditunjukkan kepadanya jalan yang lurus malah menyombongkan diri dan menentang-nentang memilih jalan yang dimurkai Allah Ta'ala..?!," bunyi penggalan tulisan dalam Instagram Stories Inneke Koesherawati.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.