Sukses

Jokowi Dinilai Sukses Pacu Pertumbuhan Ekonomi Lewat Hilirisasi Nikel

Kebijakan hilirisasi Jokowi ini dinilai dapat membuat Indonesia menjadi pemain utama dalam industri nikel.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai sukses memacu pertumbuhan ekonomi nasional melalui hilirisasi nikel. Langkah Jokowi tersebut mengundang apresiasi dari banyak pihak.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Negeri Surabara (Unesa) Anang Kristyanto memuji langkah tegas Jokowi melakukan hilirisasi nikel. Menurutnya kebijakan tersebut mampu menciptakan daya tambah ekonomi bagi bangsa dan negara Indonesia.

Anang mengatakan, kebijakan tersebut dapat membuat Indonesia menjadi pemain utama dalam industri nikel. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan oleh Jokowi harus didukung secara bersama-sama.

“Program-program Pak Jokowi soal hilirasi nikel harus kita dukung bersama, karena kita tidak ingin menjadi penonton. Kita harus menjadi pemain. Sehingga dapat menciptakan daya tambah ekonomi,” ujar Anang, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (6/11/2022).

Lebih lanjut, Anang melihat bahwa setiap kebijakan yang diambil Jokowi telah diperhitungkan dengan sangat matang, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Saat menggagas kebijakan, Jokowi selalu berpaku pada hasil analisa dan masukan dari seluruh stakeholder yang ahli di bidangnya. Langkah Jokowi tersebut pun diakui berhasil membawa perekonomian nasional tetap stabil hingga saat ini.

“Kebijakan Pak Jokowi saya kira semuanya tepat karena itu juga dipertimbangkan pada hasil analisis dan masukan dari seluruh stakeholder,” ucap Anang memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tak Akan Ekspor Bahan Mentah Nikel

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan Indonesia akan mensuplai nikel, bauksit, timah hingga tembaga untuk kebutuhan dunia. Namun, kata dia, bahan-bahan tersebut akan dikirim dalam bentuk jadi atau setengah jadi.

"Kami kaya akan nikel, bauksit, timah, dan tembaga. Kami memastikan akan mensuplai cukup bahan-bahan tersebut untuk kebutuhan dunia," kata Jokowi saat menyampaikan pidato dalam Peresmian Pembukaan B20 Inception Meeting secara virtual, Kamis (27/1/2022).

"Namun bukan dalam bentuk bahan mentah, tetapi dalam bentuk barang jadi atau setengah jadi yang bernilai tambah tinggi," sambungnya.

Menurut dia, hilirisasi nikel yang dilakukan Indonesia sejak 2015 telah memberikan dampak positif untuk masyarakat dan negara. Mulai dari terciptanya lapangan pekerjaan dan berdampak positif pada ekspor maupun neraca perdagangan Indonesia.

Jokowi menyampaikan nilai ekspor Indonesia mencapai USD 230 miliar, dimana peningkatan terbesar berasal dari besi baja. Nilai ekspor besi baja Indonesia mencapai USD 20,9 miliar pada 2021, meningkat dari sebelumnya yang hanya USD 1,1 miliar di 2014.

"Tahun 2022 ini saya kira bisa mencapai USD 28 hingga USD 30 miliar," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.