Sukses

Buaya Belum Ditemukan, Anies Minta Warga Tak Masuk Gorong-Gorong

Kawanan buaya yang muncul di Kali Grogol, Jakarta Barat pada Rabu 27 Juni 2018, menghebohkan warga.

Liputan6.com, Jakarta - Kawanan buaya yang muncul di Kali Grogol, Jakarta Barat pada Rabu 27 Juni 2018, menghebohkan warga. Apalagi hingga kini buaya-buaya itu belum ditemukan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga menghindari terjun ke gorong-gorong. Petugas masih memburu buaya-buaya tersebut.

"Kita waspada aparat sedang bekerja mencari, bukan suatu yang mudah, tapi petugas enggak usah masuk gorong-gorong dulu. Enggak usah masuk ke tempat yang ada potensi, jadi gampang," ujar Anies di kawasan Rawamangun, Minggu (30/6/2018).

Petugas pemprov, lanjut dia, akan menuntaskan pencarian buaya bersama para ahlinya. Ia meminta warga bersabar dan memberi waktu kepada petugas.

"Izinkan petugas bekerja menuntaskan dengan para ahli, karena memang bukan suatu yang biasa kita alami, ini kondisi extraordinary, beri waktu," ucap Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Sebar Hoax

Mantan Mendikbud itu juga meminta warga untuk tidak membuat atau menyebarkan kabar buaya yang belum pasti kebenarannya. Ia tak mau warga semakin panik dengan kabar hoax.

"Jangan buat kabar-kabar yang membuat kecemasan tidak perlu. Sering kali kita lihat kabar beredar tanpa ada tanggalnya, waktunya seakan-akan baru kejadian dan itu kita hindari," kata Anies.

Sebelumnya Anies menduga buaya tersebut adalah peliharaan warga dan terlepas. Anies menyebut tak seharusnya binatang buas dipelihara di lingkungan perumahan warga.

"Binatang buas berbahaya tidak seharusnya dipelihara di lingkungan perumahan, karena efeknya seperti ini,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (28/6/2018).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.