Sukses

Relawan JOSS Dorong Susi Pudjiastuti Jadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019

Relawan JOSS siap menempuh jalur konstitusional untuk memuluskan langkah Susi maju di Pimpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan JOSS (Jokowi - Susi) mendeklarasikan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menjadi cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019. Ketua Koordinator Nasional Relawan JOSS Akbar Setiawan menyatakan dukungan pada Susi karena gebrakannya saat menjabat sebagai Menteri KKP.

"Susi beliau sosok wanita yang layak menjadi contoh teladan atas kegigihan dan kesuksesannya. Terbukti, saat ia menjabat sebagai Menteri, ia dikenal akan kebijakannya yang tegas terhadap penangkapan ikan ilegal," katanya di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (23/4/2018).

Relawan ini yakin mendukung Susi, meski Menteri Kelautan dan Perikanan ini hanya tamatan SMP. Bila diperlukan, Relawan JOSS akan menempuh jalur konstitusional.

Dalam pasal 5 undang-undang no 42 tahun 2008 tentang persyaratan Calon Presiden dan Wakil Presiden disebutkan berpendidikan paling rendah tamat Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), atau bentuk lain yang sederajat.

"Terkait tentang identitas dan status sosial kami mengesampingkan itu karena melihat prestasi beliau. Kerja nyata beliau sehingga kami beinisiatif untuk mendorong beliau," ujar Akbar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Komunikasi

Sampai saat ini, Relawan JOSS juga belum berkomunikasi dengan Susi. Meski demikian, Akbar mengatakan pihaknya telah melakukan komunikasi dan konsolidasi dengan beberapa jaringan di daerah. Kedepan relawan ini akan membentuk seluruh relawan JOSS sampai ke tingkat Provinsi, Kabupaten, RT, RW, se-Indonesia.

"Sampai detik ini belum ada komunikasi dengan beliau, kami hanya beinisiatif mendorong beliau," ujarnya.

 

Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Sumber  : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini