Sukses

Peringati Hari Kartini, Menteri Susi Ingatkan Perempuan RI Jangan Batasi Pemikiran

Liputan6.com, Jakarta - Para peringatan Hari Kartini yang dirayakan setiap 21 April, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengucapkan selamat Hari Kartini kepada perempuan Indonesia.

"Saya Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan mengucapkan selamat Hari Kartini kepada seluruh wanita Indonesia," ujar Susi, seperti dikutip dari video Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sabtu (21/4/2018).

Ia menambahkan, peringatan Hari Kartini mengingatkan perempuan Indonesia mengenai pemikiran-pemikiran yang luas dan luar biasa dari seorang Kartini. Oleh karena itu, Susi Pudjiastuti menilai, seorang perempuan Indonesia harus mulai membebaskan dari dari keterbatasan pemikiran-pemikiran sebagai wanita.

"Jangan terus berpikir, saya ini wanita tak boleh ini tak boleh itu. Akan tetapi saya berpikir ini wanita bisa bikin apa dan berbuat apa. Jangan berpikir apa yang tidak bisa nanti tidak bisa semua,” ujar Susi.

Pada peringatan Hari Kartini, Susi Pudjiastuti melakukan penerbangan khusus bersama PT Garuda Indonesia Tbk. Rute penerbangan khusus tersebut Jakarta-Yogyakarta. PT Garuda Indonesia Tbk mengadakan penerbangan khusus Kartini Flight sebagai upaya memeriahkan semangat Hari Kartini dengan melibatkan awak kabin, petugas darat dan pilot yang semuanya merupakan perempuan hebat yang dimiliki Garuda Indonesia Group. 

 

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani Ajak Perempuan RI Bersama-sama Bangun Indonesia

Sebelumnya, di tengah kesibukan menghadiri pertemuan Bank Dunia dalam rangka Spring Meeting di Washington DC, Amerika Serikat, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengucapkan selamat merayakan Hari Kartini bagi perempuan Indonesia pada Sabtu 21 April 2018. Lewat akun media sosial Facebook dan Instagram, Sri Mulyani memberikan ucapan selamat merayakan Hari Kartini.

Sri Mulyani menuturkan, Kartini merupakan tokoh yang sangat inspiratif. Kartini yang pada masanya sudah memiliki pemikiran luar biasa maju untuk memperjuangkan kemajuan perempuan Indonesia. Sri Mulyani mengatakan, Kartini tak pernah memikirkan diri sendiri tetapi sesama perempuan yang ingin mendapatkan kesempatan maju di pendidikan dan peranan di masyarakat.

Sri Mulyani menilai, pemikiran Kartini tersebut masih berlaku hingga kini. Apalagi ada gender gap atau ketidakadilan gender di seluruh dunia yang masih sangat besar. Berdasarkan studi World Economic Forum (WEF) mengatakan gender gap di dunia, 200 tahun perempuan tertinggal di dalam menciptakan kesamaan atau parity yang merupakan suatu realita yang membuka mata.

"Bahwa ide dari pahlawan nasional Kartini masih perlu untuk diperjuangkan dan diteruskan oleh kita semua. Indonesia dengan perempuan yang lebih memiliki kepercayaan diri, pendidikan dan kesempatan untuk maju pasti bisa membuat Indonesia makin sejahtera, adil dan bermartabat,” lanjut Sri Mulyani.

Sri Mulyani pun sekali lagi mengucapkan selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan di Indonesia. Ia pun tak lupa memberikan ucapan selamat Hari Kartini kepada pria di Indonesia. Sri Mulyani menuturkan, untuk menciptakan kesamaan juga perlu peranan dan dukungan pria.

"Kesamaan sangat penting, dukung para perempuan yang ingin maju. Untuk para perempuan percaya diri meningkatkan kesempatan diri, mari bersama-sama bangun Indonesia," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Hari Kartini, Atiqah Hasiholan Beri Apresiasi untuk Pria Indonesia
Artikel Selanjutnya
Puti: Cara Berpikir RA Kartini Out of The Box