Sukses

Bocah SD di Lampung, Rawat Kakak yang Lumpuh Seorang Diri

Di usianya yang masih 12 tahun, bocah itu tak pernah mengeluh. Padahal selain masih menimba ilmu di bangku sekolah, dia juga harus mencari nafkah.

Fokus, Lampung Selatan - Budiman, bocah 13 tahun di Lampung Selatan, Lampung, merawat Bilal sang kakak yang menderita lumpuh. Siswa kelas 6 SD itu juga harus membagi waktu dengan mencari nafkah. Kondisi ini berlangsung sejak orangtua mereka bercerai dan menghilang empat tahun lalu.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Jumat (13/4/2018), setiap hari, Budiman menggendong Bilal yang lumpuh sejak lahir. Kakak beradik itu hidup berdua saja di Desa Suka Maju, Kecamatan Way Sulan, Lampung Selatan.

Sebelumnya, mereka sempat tinggal bersama kakek dan neneknya. Namun, sejak kakek neneknya meninggal dunia tiga tahun lalu, Budiman dan Bilal hidup sebatang kara.

Di usianya yang masih 12 tahun, bocah itu tak pernah mengeluh. Padahal selain masih menimba ilmu di bangku sekolah, dia juga harus mencari nafkah. Kakak mereka yang tinggal tak jauh dari tempat itu dan sudah berumah tangga, tidak bisa banyak membantu.

Guna menyambung hidup, Budiman bekerja mengumpulkan rumput ternak dan jadi penggembala kambing. Kesabaran dan kegigihannya mengggugah simpati warga sekitar.

Untuk mengurangi beban bocah itu, para tetangga kerap memberikan makanan berupa beras atau lauk-pauk.

Â