Sukses

Kasdam Jaya Jayakarta: Kapal TNI Tenggelam Akibat Rusak Mesin

Fokus, Jakarta - Detik-detik tenggelamnya kapal motor cepat nomor 16-05 milik Kodam Jaya di perairan Kepulauan Seribu pada Senin 12 Maret 2018 terekam kamera video amatir. Puluhan personel TNI yang berada di dalam kapal terjun ke laut untuk menyelamatkan diri.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (13/3/2018), hampir setengah lebih badan kapal sudah tenggelam dan beberapa saat kemudian tak terlihat lagi. Para korban kapal kemudian berenang dan diselamatkan satu kapal lain milik TNI yang saat kejadian tengah beriringan.

Kepala Staf Kodam Jaya, Brigjend TNI Harianto Syahputra menyatakan kapal tenggelam karena mengalamai kerusakan mesin dan kemudian kemasukan air.

Saat kejadian kapal tengah membawa 54 personel dan logistik untuk kegiatan bakti sosial di Kepaluan Seribu 14 Maret, yang rencananya akan dihadiri Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Ada masalah di mesin, kemudian mesin mati dan kapal kemasukan air. Pada saat kejadian personel langsung pindah ke kapal sebelahnya, dan semua prajurit yang berada di dalam kapal selamat. Hanya barang logistik saja yang ikut tenggelam bersama kapal," terang Brigjend TNI Harianto Syahputra, Kasdam Jaya Jayakarta.

Kodam Jaya tengah melakukan koordinasi dengan TNI Angkatan Laut untuk meminta bantuan dan mengevakuasi bangkai kapal.