Sukses

Sambutan Hangat untuk JK Saat Pembangunan Klinik IIC di Afghanistan

Sebelum masuk masjid, JK memakai tutup kepala khas Negeri Pata Mulah yang dikenal dengan sebutan turban, pemberian dari ulama Afghanistan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK meletakan batu pertama untuk mendirikan klinik Indonesia Islamic Center (IIC) di Kabul, Afghanistan. Hal ini dilakukannya usai menghadiri pembukaan Konferensi Proses Perdamaian Kabul.

Yang menarik, sepanjang perjalanan, masyarakat setempat memberikan kesan hangat atas kehadiran Jusuf Kalla.

Setelah menempuh perjalanan darat kurang lebih 49 menit, masyarakat dan ulama setempat menyambut JK dengan membentangkan spanduk ucapan selamat datang dalam tulisan Arab. Dalam kegiatan ini, JK didampingi Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi dan Duta Besar RI untuk Afghanistan.

"Selesai peletakan batu pertama, Wapres beranjak ke tempat wudu untuk persiapan salat sunah Tahiyatul Masjid di Masjid As Salam, yang telaknya beberapa langkah dari klinik IIC," ujar Juru Bicara Wapres Husain Abdullah, dalam keterangan tertulisnya, Rabu 28 Februari 2018.

Yang menarik, sebelum masuk masjid, Jusuf Kalla memakai tutup kepala khas Negeri Pata Mulah yang dikenal dengan sebutan turban, pemberian dari ulama setempat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wujud Komitmen Indonesia

Usai salat, JK pun menyempatkan diri berbincang-bincang dengan para ulama yang turut hadir pada acara itu.

"Ya ini selain tempat untuk beribadah, juga untuk tempat persahabatan," ucap JK.

Perlu diketahui, IIC merupakan wujud komitmen Pemerintah Indonesia dalam membantu proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan. Adapun Masjid As Salam dan klinik IIC dibangun oleh Indonesia di atas lahan 10.000 Hektar yang dihibahkan oleh Pemerintah Afghanistan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.