Sukses

Kaum Disabilitas Minta Anies Sediakan Parkir Motor Roda Tiga

Mia mejelaskan, ada 200-an motor dalam data komunitasnya yang dipakai berakitivitas sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Ada pemandangan menarik saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hendak membuka acara lari pagi GL Pro 08, kelompok simpatisan Prabowo Subianto.

Sebuah motor modifikasi roda tiga secara mendadak menghampiri dan ingin berkomunikasi dengan orang nomor satu di Ibu Kota tersebut.

"Saya Mia Abu Bakar Ketua Disabilitas Prihatin Indonesia," kata dia mengenalkan diri kepada Anies Baswedan, di Jalan Pramuka Jakarta Timur, Minggu (25/2/2018).

Rupanya kedatangan Mia adalah hendak menyuarakan hak disabilitas yang belum dirasa setara. Bersama motornya, dia mengeluh tidak tersedianya ruang parkir publik, khususnya mal untuk menempatkan kendaraannya.

"Masalah kami di parkiran, di tempat motor tidak muat, di tempat mobil tidak boleh masuk. Harapan kami mal-mal dapat menghargai para disabilitas ini," kata dia.

Mia mejelaskan, ada 200-an motor dalam data komunitasnya yang dipakai berakitivitas sehari-hari. Mereka pun siap menghelat gerakan advokasi, guna desak Pemprov DKI untuk memberi ruang layak bagi para masyarakat berkebutuhan khusus.

"Ada 200-an orang di Jakarta pakai ini motor roda tiga. Kami parade rencana dari Balai Kota, waktu masih dibicarakan,"  ujar Mia kepada Anies Baswedan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reaksi Anies

Anies menyambut baik hal tersebut. Dia mengakui area kesetaraan bagi penyandang disabilitas di DKI masih belum mumpuni, khususnya yang dipermasalahkan Mia.

"Satu-satu kita akan panggil, kita duduk bersama, bukan hanya mau pemerintah, bukan hanya pemilik fasilitas, bukan hanya mau penyandang disabilitas, karena tujuanya adalah memberikan fasilitas sama untuk semua," Anies menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.