Sukses

GBK Rusak, Anies Minta Pembinaan terhadap Jakmania Ditingkatkan

Untuk mencegah perusakan fasilitas GBK, Anies meminta agar antar-suporter saling mengingatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Laga final Piala Presiden menyisakan kerusakan pada beberapa bagian Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Padahal, GBK belum lama selesai direnovasi untuk menyambut Asian Games 2018.

Menanggapi kerusakan GBK yang disebabkan oknum suporter Persija atau Jakmania itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan ada peningkatan pembinaan suporter Persija.

"Mudah-mudahan pembinaan jadi lebih baik, terutama pembinaan pada suporter," kata Anies di Kelurahan Petojo Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Untuk mencegah perusakan fasilitas GBK, Anies meminta agar antarsuporter saling mengingatkan.

"Pertama tentu harus ketertiban, bagaimanapun juga, penonton sepak bola harus saling mengingatkan, fasilitas ini adalah yang mencerminkan bangsa dan negara, jangan dirusak," kata Anies.

Dia memastikan, kerusakan di beberapa fasilitas GBK sudah diperbaiki. Anies meminta agar sesama suporter menegur bila ada oknum suporter yang melakukan perusakan.

"Kalau ada yang melakukan, tegur, laporkan," Anies Baswedan menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelakuan Suporter Tarkam

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga mengaku kecewa dengan perilaku oknum Jakmania yang merusak fasilitas stadion Gelora Bung Karno. Ia mengkritik perilaku rusuh sejumlah suporter bola tersebut.

"Menurut saya, kalau stadionnya bertaraf internasional tapi kelakuannya masih kelakukan tarkam (pertandingan kelas kampung), enggak akan menyelesaikan masalah," kata Sandiaga Uno di Balai Kota Jakarta Pusat, Minggu, 18 Februari 2018.

Dia meminta oknum Jakmania yang merusak fasilitas stadion GBK ditindak tegas oleh komunitasnya dan dilaporkan ke penegak hukum.

Pantauan di lokasi, kerusakan paling parah terjadi di pintu masuk Gate 5 di Zona 9. Besi pagar yang berada di pintu tersebut terlihat patah.

Pada bagian besinya juga tampak copot, sehingga pintu tersebut tak dapat difungsikan.

Tak hanya pagar yang jebol, beberapa fasilitas juga rusak saat Final piala Presiden di gelar. Pohon-pohon di sekitar lokasi rusak. Tanaman yang sebelumnya ditata apik pun hancur.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.