Sukses

Peringatan Cuaca Ekstrem, Ini Penjelasan BMKG

Fokus, Jakarta - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang akan melanda wilayah Jabodetabek dan berbagai wilayah di Indonesia hingga tiga hari ke depan.

Seperti ditayangkan Fokus Sore, Senin (5/2/2018), hujan lebat yang disertai angin kencang yang melanda Jabodetabek dari Minggu malam hingga Senin petang, diprediksikan oleh BMKG akan terjadi hingga tiga hari ke depan. BMKG menjelaskan, hal ini diakibatkan munculnya siklon di perairan timur Filipina serta di Samudera Hindia, Barat Daya, dan Sumatera.

BMKG juga memperkirakan curah hujan disertai petir yang paling tinggi terjadi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat dengan kecepatan 169 mm per harinya, yang hampir merata di seluruh Jabodetabek. Tidak hanya itu, diperkirakan curah hujan lebat akan terus terjadi hingga bulan Maret nanti sebelum memasuki musim pancaroba atau musim panas. Tidak hanya di Jabodetabek, sejumlah wilayah di Indonesia juga akan terkena dampak cuaca ekstrem.

"Wilayah Jabodetabek dan wilayah Jawa itu masih terjadi hujan-hujan lebat dengan intentsitas cukup cepat dan durasinya tidak terlalu lama", kata Kepala Bidang Prediksi Peringatan Cuaca BMKG, Ramlan.