Sukses

Polda Metro Sebar Telegram Rahasia Antisipasi Banjir Jakarta

Dari Polres, telegram itu lalu disebarkan ke polsek-polsek untuk antisipasi banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya menyebar telegram rahasia ke jajaran polres terkait antisipasi banjir di Jakarta. Dari Polres, telegram itu lalu disebarkan ke polsek-polsek yang masuk wilayahnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, tadi siang Kapolda Metro Jaya bersama jajarannya mengadakan rapat untuk mengantisipasi genangan dan banjir di Jakarta.

"Hasil rapat dibuatkan telegram ke polres-polres oleh Karo Ops. Jadi, Karo Ops sudah mengirimkan tugas ke polres, ya. Yang pertama isinya adalah untuk mengidentifikasi titik-titik mana yang menjadi langganan banjir," kata Argo di Polda Metro Jaya, Senin (5/2/2018).

Argo melanjutkan, di telegram itu juga tertuang petunjuk agar Babinkamtibnas dan Babinsa untuk bisa menyampaikan kepada warga terkait kawasan yang akan tergenang banjir untuk waspada.

"Kedua, untuk segera Babinkamtibmas di sana untuk menyampaikan ke warga di sana, tentunya Babinkamtibmas dan Babinsa di sana. Jadi, kita dengan TNI langsung turun memberitahukan adanya laporan-laporan dari BMKG yang kita terima," ujar Argo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Evakuasi Warga

Argo menambahkan, bagi kawasan yang sudah tergenang atau malah kebanjiran, pihaknya juga menurunkan anggota yang sudah siap mengevakuasi warga. Dia menuturkan, informasi sementara yang diterimanya, bendung Katulampa sudah dalam

"Yang ketiga kita siapkan personel yang sudah dilatih untuk SAR atau masalah banjir. Sudah dilatih," imbuh dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.