Sukses

Begini Rute Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru di Jakarta

Ada kegiatan car free night di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Liputan6.com, Jakarta - Malam pergantian tahun baru 2018 di DKI Jakarta akan difokuskan di tiga titik, yaitu Jalan MH Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, dan Ancol. Akan ada pengalihan lalu lintas karena ada kegiatan di kawasan tersebut.

"Di sana akan ada pengalihan arus," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (30/12/2017).

Dia mengatakan, dalam malam tahun baru juga ada kegiatan car free night di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Dengan begitu, dilakukan penutupan kendaraan bermotor mulai pukul 17.00 WIB, hingga 02.00 WIB 1 Januari 2018.

"Mulai Bundaran Hotel Indonesia kita sudah rekayasa pada waktu Semanggi kemudian Jalan Karet untuk pengalihan atau rekayasa arus," kata Halim.

Berikut rekayasa pengalihan lalu lintas untuk malam pergantian Tahun Baru 2018:

1. Arus lalu lintas dari Hayam Wuruk dialihkan ke Jalan Juanda-Pasar Baru-Jalan Gunung Sahari atau ke Lapangan Banteng-Pejambon-Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani.

2. Arus lalu lintas dari Semanggi arah Bundaran HI akan dialihkan ke Jalan Karet Tanah Abang-Cideng.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur arah ke Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira-Lapangan Banteng-Jalan Veteran Raya- Harmoni atau ke Jalan Pasar Baru-Jalan Gunung Sahari.

4. Arus lalu lintas dari Tugu Tani arah Jalan Medan Merdeka Selatan akan dialihkan ke Jalan Ridwan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Lapangan Banteng dan seterusnya atau ke Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3.000 Personel

Halim mengatakan, 3.000 personel akan disiagakan untuk mengamankan jalannya malam pergantian tahun.

"Mereka yang akan menjaga dan mengamankan, kan paginya ada nikah massal juga yang dihadiri Gubernur (DKI)," ujar Halim

3 dari 3 halaman

Puncak Ditutup Pukul 18.00-06.00 WIB

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan, jalur arah Puncak, Bogor, akan ditutup pada malam pergantian tahun. Nantinya, lokasi itu akan dijadikan kawasan bebas kendaraan sementara.

"Puncak, saya minta penekanan khusus di Puncak ditutup, car free night tidak ada kendaraan di tanggal 31 Desember malam tahun baru," tutur Tito di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (28/12/2017).

Menurut Tito, terobosan itu akan menjadi pertama kalinya dilakukan. Penutupan jalan berlaku pukul 18.00 WIB sampai dengan 06.00 WIB pagi di kedua arah jalan.

"Untuk kendaraan naik atau turun," ucap dia.

Tito mengatakan, jalur yang ditutup dimulai dari Ciawi hingga Cianjur dan arah sebaliknya.

Kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya yang nantinya disediakan saja. Sementara pengunjung lainnya juga dapat menikmati malam tahun baru 2018 dengan berjalan kaki.

"Yang naik saya imbau kepada masyarakat supaya sebelum jam 18.00 WIB, di atas jam 24.00 WIB tak usah naik lagi ke atas (Puncak). Sebaliknya dari Cianjur juga akan ditutup," Tito menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.