Sukses

Gagahnya Petinggi TNI dan Kapolri Beraksi dengan Jet Tempur

Liputan6.com, Jakarta - Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, bertabur 'bintang', Rabu (20/12/2017) pagi. Empat perwira tinggi TNI-Polri berkumpul di Base Ops. Mereka adalah KSAD Jendral Mulyono, KSAL Laksamana Ade Supandi, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB, keempatnya bertemu di dalam Aula Base Ops sekitar pukul 08.00. Mereka baru keluar setengah jam kemudian. Tak lagi mengenakan pakaian dinas masing-masing, para perwira bintang empat itu berganti kostum penerbang hijau tua.

Mereka kompak mengenakan kaca mata hitam berjalan beriringan menuju landasan pacu. Seorang anggota TNI AU tampak mengarahkan.

Di landasan, empat pesawat Sukhoi TS-3007 berjejer menunggu. Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAL, masing-masing diberi helm berwarna biru. Bagian depan helm terdapat tulisan jabatan keempat perwirat tinggi.

Selanjutnya Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAL berjalan menuju pesawat masing-masing. 

Mereka akan terbang sebagai bagian dari seremoni penyematan brevet penerbang. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bertindak sebagai KSAU. Posisi KSAU sendiri masih dirangkap setelah Hadi diangkat Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI. 

Panglima TNI Hadi naik ke pesawat Sukhoi dengan nomor 07. Sementara Tito di pesawat dengan nomor 09. 

Disusul KSAD Jendral Mulyono di pesawat sukhoi 10 dan KSAL Laksamana Ade Supandi di nomor 11. Pesawat masing-masing lantas mengudara ke arah Selatan. 

 

2 dari 3 halaman

Menjajal Pesawat Sukhoi

Sebelum penyematan, mereka bersiap-siap untuk menumpangi pesawat Sukhoi TS-3007. Ada empat pesawat tempur yang disediakan untuk dinaiki para pejabat tinggi bintang empat tersebut.

Hadi naik ke pesawat Sukhoi 07. Sementara Tito di pesawat dengan nomor 09. Disusul KSAD Jenderal Mulyono di pesawat Sukhoi 10 dan KSAL Laksamana Ade Supandi di nomor 11.

Rencananya, penyematan Wings Brevet TNI AU kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan dilakukan langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yang dalam hal ini bertindak sebagai KSAU. Termasuk KSAD Jenderal Mulyono dan KSAL Laksamana Ade Supandi juga menerima brevet tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Panglima Dapat Brevet Kopassus

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri acara Penyematan Brevet Komando dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Upacara militer itu digelar di Lapangan Makopassus Cijantung, Jakarta Timur.

Pantauan Liputan6.com, Senin (18/12/2017) sekitar pukul 09.12 WIB, rangkaian acara dimulai dengan atraksi 20 penerjun payung dari Kopassus yang melompat dari ketinggian 10 ribu fit. Bersamaan dengan itu, Panglima TNI Hadi Tjahjanto hadir bersama rombongan.

Tampak Hadi mengenakan seragam loreng cokelat dengan topi melekat di kepala. Dia didampingi Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni.

Hadi Tjahjanto langsung menyalami pejabat tinggi TNI yang sudah menunggu di depan Gedung Sarwo Edhie Wibowo. Kemudian kepalanya menengadah ke langit untuk menyaksikan keterampilan para penerjun Kopassus.

Pendaratan satu persatu disambut Hadi dengan tepuk tangan. Para penerjun di antaranya membawa spanduk panjang bertuliskan "Selamat Bertugas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto".

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: