Sukses

5000 Personel TNI-Polri Siap Amankan Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby

Acara akan dimulai dari pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu pada 21 November 2017.

Liputan6.com, Medan - Setelah menggelar resepsi pernikahan di Kota Solo, Jawa Tengah, pada Rabu, 8 November 2017, keluarga Bobby Nasution akan mengadakan tradisi ngunduh mantu Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Adat ini akan dilakukan di kediaman keluarga Bobby, di Kota Medan, Sumatera Utara.

Informasi yang diperoleh Liputan6.com, acara di Kota Medan akan dimulai dengan pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu pada 21 November 2017.

Penabalan marga akan dilakukan di kediaman paman Bobby Nasution, Doli Siregar, yaitu di Jalan STM. Setelah itu dilanjutkan dengan acara adat yang akan dilaksanakan pada 24 dan 25 November 2017.

Acara adat dimulai pada pukul 06.00 WIB. Kemudian untuk resepsi diselenggarakan 26 November 2017 di kediaman orangtua Bobby, di Perumahan Setia Budi Bukit Hijau Regency (BHR).

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucu Somantri mengatakan, untuk mengamankan rangkaian acara tersebut, kurang lebih 5.000 personel gabungan dikerahkan. Jumlah personel itu terdiri dari unsur TNI, Polri, dan unsur lainnya.

"Kita sudah berkoordinasi. Kalau dari segi keamanan, kita sudah siap, tinggal pelaksanaan saja," kata Cucu saat meninjau langsung lokasi ngunduh mantu, di Perumahan Setia Budi Bukit Hijau Regency, Sabtu, 11 November 2017.

Menurut dia, ribuan personel gabungan tersebut akan disiagakan untuk melakukan pengamanan pada pelaksanaan acara. Personel ini akan disebar ke beberapa titik, seperti lokasi yang menjadi objek VVIP dan rute-rute yang akan dilewati tamu ini.

"Nantinya, titik-titik atau lokasi yang menjadi atensi juga akan disiagakan personel untuk pengamanan," jelas dia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Sejumlah Titik 

Dalam peninjauan, Pangdam juga melakukan pengecekan sejumlah lokasi parkir mobil yang disiapkan. dia juga memantau tempat diselenggarakannya pemberian marga Siregar untuk Kahiyang Ayu.

Sebelumnya, untuk membantu pengamanan acara ngunduh mantu Polrestabes Medan akan menurunkan kurang lebih 600 personel.

Nantinya, personel dari Polrestabes Medan ini bergabung dengan petugas keamanan dari TNI.

"Persiapan untuk pengamanan pesta terus diintensifkan. Kita masih menyusun rencana pelibatan kekuatan. Koordinasi mengenai personel, kami di bawah Polda Sumut," ujar Wakapolrestabes Medan, AKB Tatan Dirsan Atmaja, Medan, Kamis 9 November 2017.

Saksikan Video Pilihan Berikut: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.