Sukses

Bupati Kukar Rita Widyasari Penuhi Panggilan KPK

KPK menetapkan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari sebagai tersangka penerima suap dan gratifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan perdana terhadap Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi di Pemkab Kukar.

"Benar, yang bersangkutan diperiksa sebagai tersangka," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, saat dikonfirmasi, Jumat (6/10/2017).

Pantauan Liputan6.com, Rita telah memenuhi panggilan penyidik KPK. Dia datang sekitar pukul 12.19 WIB. Dia datang memakai baju gamis berwarna hitam serta jilbab berwarna senada.

Sebelumnya, pada Rabu, 4 Oktober 2017, penyidik telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Rita. Namun, Bupati Kukar itu mangkir dari panggilan penyidik KPK.

KPK menetapkan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari sebagai tersangka penerima suap dan gratifikasi. Dalam kasus suap, Rita diduga menerima uang sejumlah Rp 6 miliar dari Direktur Utama PT Sawit Golden Prima (SGP) Hari Susanto Gun (HSG).

Uang suap tersebut diterima Rita berkaitan dengan pemberian izin operasi untuk keperluan inti dan plasma perkebunan kelapa sawit di Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman kepada PT SGP.

Adapun dalam kasus gratifikasi, Rita menerima sejumlah US$ 775 ribu atau setara Rp 6,9 miliar. Uang tersebut diterima Rita bersama dengan Komisaris PT Media Bangun Bersama (MBB) Khairudin (KHR).

Penerimaan gratifikasi tersebut terkait sejumlah proyek di Kutai Kartanegara selama Rita menjabat sebagai Bupati Kukar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.