Sukses

Polda Metro: 20.000 Polisi Kawal Aksi 299 dengan Humanis

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan peserta Aksi 299 mulai memadati kawasan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2017). Sejumlah prajurit TNI dan polisi pun sudah siaga di sekitar Gedung Parlemen dan sekitarnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan ribuan personel untuk berjaga di depan Gedung DPR. Polisi akan mengedepankan sikap humanis saat mengawal aksi.

"Jadi kemarin sebelum acara ini kita udah melakukan tactical floor game, kita lakukan dengan harapan anggota tahu," ujar Argo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

"Unjuk rasa ini adalah kegiatan kemanusiaan, anggota sudah diberitahu bahwa agar humanis dalam melakukan tugas," dia melanjutkan.

Argo juga telah menginstruksikan kepada anggotanya, untuk tidak menggunakan senjata api, dan hanya membawa tongkat. Kecuali jika situasi Aksi 299 sudah sampai pada kondisi tertentu.

"Ada 20 ribu personel yang telah kita siapkan untuk pengamanan kegiatan ini. Nanti juga ada anggota kami yang menggunakan hijab, ada beberapa hal yang akan kita lakukan secara humanis," ucap dia.

Argo mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir adanya Aksi 299hari ini. Sebab, polisi sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pengamanan.

"Jadi masyarakat enggak usah khawatir, ya. Semua lini, baik jalur perekonomian dan yang lain sudah kita amankan. Tahap terakhir, tentu sudah kita siapkan di sana, tapi kami harap tidak ada ya penggunaan hal-hal itu," kata dia.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Peserta Aksi Mulai Padati Gedung DPR

Pantauan Liputan6.com, aparat kepolisian sudah berjaga, baik di dalam dan luar Gedung DPR. Sejumlah kendaraan taktis seperti water cannon dan barracuda juga sudah disiapkan.

Massa yang berasal dari beragam elemen masyarakat juga mulai memadati kawasan sekitar Gedung Dewan. Lalu lintas di sekitar Gedung DPR pun mulai tersendat.

Beberapa mobil komando dari Front Pembela Islam (FPI), Presidium Alumni 212, dan Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) juga sudah terparkir di depan Gedung DPR.

Mereka terlihat sedang beristirahat untuk persiapan aksi. Sebagian massa sedang mendirikan posko kesehatan, sebagian lainnya antre masuk masjid kompleks TVRI persiapan salat Jumat.

Belum ada orasi yang disuarakan massa demonstran. Sebab, Aksi 299 ini baru akan dimulai setelah salat Jumat siang ini.

Loading