Sukses

Massa Aksi 299 Mulai Datangi Senayan, TNI dan Polisi Siaga

Liputan6.com, Jakarta - Demo penolakan Perppu Ormas dan komunisme atau disebut Aksi 299, rencananya akan digelar di depan Gedung DPR/MPR siang ini. Massa juga sudah mulai memadati kawasan Senayan sejak Jumat dini hari.

Sejumlah warganet mengunggah kondisi di sekitar Senayan melalui Twitter, Jumat (29/9/2017). Ada juga warganet yang mengunggah adanya sekelompok peserta Aksi 299 menuju Senayan.

Seperti pemilik akun Twitter bernama Kus, yang menyebutkan puluhan bus yang mengangkut massa Aksi 299, sudah terparkir di Jalan Asia Afrika, Jakarta.

"Beberapa Bus parkir di Jln Asia Afrika membawa Massa 299 yang akan melakukan aksi di depan Gedung DPR RI," tweet Kus, pada pukul 10.30 WIB.

Pemilik akun Twitter @TitoSoe juga mengunggah video yang menayangkan sejumlah peserta Aksi 299, tengah berjalan menuju Senayan.

"Peserta Aksi 299 jalan kaki dari Ciputat Tangsel menuju Gedung DPR/MPR, Senayan, Jumat siang (29/9)," tweet TitoSoe‏ pada waktu yang sama.

Senada dengan warganet bernama P Budi, juga menunggah foto massa yang diduga peserta Aksi 299, tengah melakukan jalan menuju Senayan.

Kendati, pemilik akun @fahrul_anams menyebutkan, kondisi di depan Gedung DPR saat ini ramai lancar.

"Lalin di Jl Gatot Subroto melintas Gedung DPR, Jakarta terpantau lancar," tweet Fahrul pada pukul 09.25 WIB.

Sementara, TNI dan jajaran Polda Metro Jaya juga sudah mulai bersiaga di sekitar Gedung DPR dan Senayan. Seperti disebutkan pemilik akun Ros.

"Apel pengamanan Polri jelang aksi 299 di U-Turn Senayan, Jakarta, sementara tidak bisa dilintasi kendaraan, pagi ini (29/09)," tweet Ros.

Tak hanya sejumlah personel, Polda Metro Jaya juga mengerahkan beberapa water cannon dan mobil derek, untuk mengantisipasi kerusuhan saat berlangsung Aksi 299.

"Persiapan Water Cannon hingga Mobil Derek sudah siaga di kawasan Senayan, Jakarta menjelang aksi 299, (29/09)," tweet Ros.

Tak hanya itu, Ros juga menyebutkan, beberapa tenda telah terpasang menjelang Aksi 299, di kawasan Senayan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Berikut rekayasa lalu lintas selama Aksi 299 berlangsung di Gedung DPR-MPR, Senayan:

1. Pada saat massa sudah berkumpul di depan Gedung DPR-MPR, jalur sepanjang Jalan Gatot Subroto atau depan Gedung DPR-MPR, diusahakan tetap ada ruang atau lajur untuk kegiatan lalu lintas sambil mengimbau masyarakat tidak menutup jalan.

2. Apabila terjadi kemacetan di depan Gedung DPR-MPR, disiapkan rekayasa dalam bentuk alih arus sebagai berikut:

a. Arus lalu lintas dari Cawang arah Slipi dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda - Palmerah - Permata Hijau atau ke Slipi - Jalan S Parman dan seterusnya.

b. Arus dari Lapangan Tembak arah Slipi diluruskan ke Layang Farmasi - Benhil - Penjernihan - Pejompongan - Slipi - Jalan S Parman dan seterusnya.

c. Arus lalu lintas keluar di off ramp Pulau Dua diluruskan keluar Slipi Jaya.

d. Arus lalu lintas dalam tol yang keluar atau off ramp Senayan diluruskan keluar Semanggi.

e. Off ramp (keluar Tol Polda) dilakukan buka tutup.

Loading