Sukses

Permintaan dan Harapan Jusuf Kalla di Hari Pancasila

Jusuf Kalla meminta semua pihak bukan hanya memahami Pancasila, melainkan juga mengamalkan dan menjalankan arti Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar hari lahirnya Pancasila, Kamis, 1 Juni besok, digunakan sebagai momen untuk mengingatkan kembali generasi muda Indonesia tentang ideologi bangsa Indonesia.

Dia meminta semua pihak bukan hanya memahami Pancasila, melainkan juga mengamalkan dan menjalankan arti Pancasila.

"Ideologi bangsa ini harus dipahami semua, generasi muda, apa dan menjalankannya. Bukan hanya dipahami, harus dijalankan," ucap pria yang akrab disapa JK di kantornya, Jakarta, Selasa, 30 Mei 2017.

Menurut Jusuf Kalla, selama ini Pancasila sudah berjalan dengan baik sehingga perlu dipelihara. 

"Kalau dilihat silanya, Ketuhanan Yang Maha Esa, kan keagamaan kita makin (kuat). Kadang-kadang malah semakin terlalu keras. Perikemanusiaan, Persatuan Indonesia, semua jalan. Satu yang masih selalu jadi ganjalan itu keadilan sosialnya. Itulah yang harus kita bina dengan baik," jelas JK.

Oleh karena itu, masih kata dia, untuk mengingatkan kembali ideologi tersebut, tidak perlu cara yang spesial, cukup hanya memasukkan ajaran Pancasila ke dalam mata pelajaran di sekolah.

"(Pancasila) bisa dimasukkan ke (pelajaran) sejarah, bisa masuk ke (pelajaran) kewarganegaraan," pungkas Jusuf Kalla.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.