Sukses

Kronologi Kaburnya Ratusan Napi Lapas Pekanbaru

Peristiwa kaburnya ratusan napi bermula saat para napi akan melaksanakan Salat Jumat

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan narapidana dan tahanan di Lapas Klas II Pekanbaru kabur Jumat siang. Sampai saat ini, masih ada napi yang belum kembali dan masih dalam pengejaran petugas.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan I Wayan Dusak mengatakan, peristiwa ratusan napi kabur itu bermula saat para napi akan melaksanakan Salat Jumat. Seperti biasa, petugas mulai mengeluarkan napi dari ruangan mereka pada pukul 11.00 WIB.

"Saat mereka sudah keluar itulah terjadi penyerangan terhadap beberapa pekerja kita," kata Dusak di Kantor Ditjen Pas, Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Selain itu, para napi menuju pintu utama bermaksud untuk menjebol gerbang itu. Tapi upaya itu tidak berhasil. Akhirnya, para napi beralih ke pintu lainnya di sisi kanan lapas.

"Dan sekitar ratusan orang menjebol pintu sebelah kanan ini sehingga mereka beramai ramai melarikan diri," imbuh dia.

Sampai saat ini belum diketahui awal mula dan penyebab utama para napi melakukan perlawanan sampai akhirnya berhasil kabur. Sebagian menyebut aksi ini hanya spontanitas.

"Tapi saya yakin sebagian sudah direncanakan," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini