Sukses

Pemimpin Berintegritas, Mahfud Md Yakin Erick Thohir Tak Akan Korupsi di PSSI

Erick Thohir terpilih menjadi Ketum PSSI periode 2023-2027 menggantikan Mochamad Iriawan. Erik terpilih lewat KLB PSSI mengalahkan lawan kuat lainnya La Nyalla Mattalitti.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md turut menyampaikan selamat kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang terpilih Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Mahfud Md optimistis Erick Thohir mampu membawa perubahan sepakbola Indonesia ke arah yang lebih baik. Sebagai pemimpin berintegritas, Mahfud yakin orang nomor satu di Kementerian BUMN ini tidak akan mencari keuntungan materi di PSSI.

“Kita tahu Pak Erick Thohir adalah orang profesional di sepakbola, tidak mencari makan dari PSSI, tetapi punya kecintaan dan impian tentang kemajuan PSSI. Dia sudah sangat mampu untuk membiayai dirinya sendiri mengurus PSSI tanpa harus korupsi,” katanya, Jumat (17/2/2023).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga yakin Erick Thohir tidak akan mengambil untung di PSSI, apalagi jika harus membuka pasar gelap di sepakbola yang selama ini menjadi momok dunia persepakbolaan Tanah Air.

“Kita yakini dia tidak akan korupsi dan tidak akan membiarkan terjadinya pasar gelap dalam pertandingan-pertandingan sepakbola kita," tutur Mahfud Md.

Seperti ditegaskan Menko Mahfud, Erick Thohir adalah sosok pemimpin yang amanah dan berintegritas. Hal ini terbukti selama dia memimpin Kementerian BUMN. Erick Thohir tidak segan-segan menindak oknum yang melakukan penyelewengan.

Berkat tangan dingin mantan Presiden Inter Milan ini, Kementerian BUMN menjadi lebih bersih dari oknum-oknum koruptif. Erick Thohir juga berhasil membongkar kasus-kasus korupsi yang telah mengakar di BUMN, mulai dari kasus Asabri, Jiwasraya, Garuda Indonesia, PLN, hingga Waskita Beton.

Erick Thohir juga menerapkan manajemen antisuap atau ISO 37001 di seluruh lingkungan Kementerian BUMN agar meminimalisasi terjadinya korupsi. Maka dari itu, Mahfud Md meyakini Erick Thohir tidak akan mengambil keuntungan apalagi korupsi saat memimpin PSSI.

“Kita ucapkan selamat atas terpilihnya Pak Erick Thohir sebagai Ketum PSSI melalui Kongres Luar Biasa,” kata Mahfud Md memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Gantikan Iwan Bule Pimpin PSSI

Sebelumnya, Erick Thohir mendapat tugas baru sebagai penyelamat sepak bola Indonesia. Dia mendapat mandat usai terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 menggantikan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Menteri BUMN tersebut mengantongi 64 suara pada pemilihan melalui Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick mengungguli pesaing terdekat La Nyalla Mattalitti yang mendapat 22 suara.

Dua kandidat lain yakni Doni Setiabudi dan Arif Putra Wicaksono tidak mendapat suara, dengan Fary Djemi Francis mundur H-1 sebelum KLB PSSI 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.